Kadin Sumbar Buka Pendaftaran Pengurus

id Kadin, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatera Barat membuka pendaftaran untuk menjadi pengurus periode 2017-2022.

"Kami membuka pendaftaran bagi calon pengurus, memang sengaja dilakukan dengan tujuan pengurus Kadin nanti memiliki potensi yang andal di bidang masing-masing," kata Ketua Kadin Sumbar terpilih Ramal Saleh di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan setidaknya ada kuota sebanyak 60 pengurus yang akan mengisi beberapa bidang dan bagian yang ada pada Kadin.

"Ini baru pertama kali dilakukan Kadin Sumbar dalam memilih pengurus, dengan cara ini tidak ada lagi pemilihan dengan dasar kedekatan atau embel-embel lainnya. Setelahnya akan ada seleksi oleh formatur," katanya.

Ketika Kadin sudah diisi oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, lanjutnya, maka organisasi itu dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sebagaimana diamanatkan Undang-undang.

Ramal Saleh juga menyebutkan Kadin di bawah kepemimpinannya juga akan memaksimalkan tiga fungsi, pertama adalah fungsi advokasi pajak bagi pengusaha.

"Fungsi advokasi pajak akan membantu pelaku usaha dalam permasalahan pajak dan mencarikan solusinya," katanya.

Program kedua adalah advokasi perizinan, yang akan membantu menjembatani antara pelaku usaha dengan pemerintah, atau sebaliknya.

Ketiga adalah pendirian Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kadin untuk pendampingan anggota ketika mengalami permasalahan hukum.

Ia juga akan melakukan pembenahan sistem kerja Kadin Sumbar dengan berbasis pada data. Terutama seluruh Kadin yang ada di kabupaten dan kota daerah setempat.

"Tanpa basis data yang rinci, tidak akan ditemukan permasalahan serta solusi yang bisa dijadikan perajut strategi pembangunan ekonomi daerah," katanya.

Ramal Saleh (55) terpilih sebagai Ketua Kadin Sumbar untuk periode 2017-2022 dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) VI Kadin Sumbar di Mercure Hotel, Padang, Selasa (23/5). (*)