Wabup: Forum Perusahaan Akomodasi Kepentingan Masyarakat

id Amrizal, CSR, Dharmasraya

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Amrizal meminta Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) dapat mengakomodasi seluruh kepentingan masyarakat dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.

"Tujuannya agar bantuan yang disalurkan baik itu pendidikan, sembako murah, dan lainnya oleh pihak perusahaan tepat sasaran dan manfaatnya dirasakan masyarakat," katanya usia melantik forum TJSLP di Pulau Punjung, Selasa.

Anggota forum TJSLP yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2014 terdiri atas perusahaan dan perbankan di daerah itu tugasnya melakukan sosialisasi, kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, tambahnya.

Ia berharap melalui forum ini penyaluran dana bantuan perusahaan lebih terkoordinasi dengan baik sehingga upaya meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Dharmasraya dapat terwujud.

"Perlu digarisbawahi forum ini bukan forum pengumpul dana perusahaan, namun ini forum koordinasi penyaluran dana perusahaan agar tepat sasaran sesuai dengan program pembangunan pemerintah daerah," ujarnya.

Ia meminta forum tersebut segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna menyusun konsep pembangunan daerah yang dijadikan pedoman teknis dalam pelaksanaan TJSLP oleh perusahaan.

Dengan melakukan rapat koordinasi forum sebagai upaya menciptakan suasana aman dan nyaman antara perusahaan dan masyarakat dilingkungan sekitar perusahaan, lanjutnya.

Ia meminta anggota forum ini yang baru dilantik segera merumuskan berbagai program kegiatan dan melaksanakannya secara transparan.

"Rencanakan sebaik mungkin, koordinasi terus dengan instansi terkait sehingga bantuan yang disalurkan benar bermanfaat dan dirasakan masyarakat banyak," sebutnya.

Keanggotaan forum TJSLP ini terdiri dari perusahaan yang bekerja di daerah itu, seperti perusahaan sawit, karet, dan perbankan. Ketua Forum TJSLP dijabat oleh Zainal Arifin dari PT. Incasi Raya Grup. (*)