Nil Maizar Sodorkan Palacios dan Zokora Sebagai "Marquee Player"

id Nil

Nil Maizar Sodorkan Palacios dan Zokora Sebagai "Marquee Player"

Pelatih Kepala SPFC, Nil Maizar. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar)- Pelatih Kepala Semen Padang FC, Nil Maizar mengaku telah menyodorkan dua nama pemain bintang dunia atau "marquee player" kepada manajemen klub untuk memperkuat timnya menghadapi Kompetisi Go-Jek Traveloka Liga I.

"Kami tetap membutuhkan "marquee player" (pemain bintang dunia) untuk melengkapi kebutuhan tim," katanya usai menggelar latihan menjelang menghadapi Sriwijaya FC, di Padang, Sabtu.

Ia menyebutkan kedua pemain tersebut yakni sayap Wilson Palacios (32) asal Honduras dan Didier Zokora (36) dari Pantai Gading.

Wilson Palacios sebelumnya pernah merumput di Klub Inggris seperti Birmingham City, Wigan Athletic, Tottenham Hotspurs dan Stoke City. Ia juga pernah membela Tim Nasional Honduras di Piala Dunia 2010.

Sementara untuk Didier Zokora merupakan pemain pemegang rekor penampilan terbanyak di tim nasional Pantai Gading. Gelandang bertahan ini juga pernah memperkuat klub-klub Eropa Seperti Liga Inggris, Tottenham Hotspur dan Liga Spanyol, Sevilla.

Saat ini "Marquee Player" merupakan kebutuhan karena posisi gelandang bertahan masih belum lengkap, ditambah cederanya pemain Korea Selatan, Koo Jae Sung,"

Meskipun demikian katanya untuk mendatangkan seorang pemain bintang memperkuat tim ,Semen Padang akan memerlukan dana yang tidak sedikit.

"Kini keputusannya ada di manajemen, apakah kita mampu untuk merekrut salah satu dari mereka," katanya.

Adapun "marquee player" adalah pesepak bola asing yang dianggap berkelas dunia. Menurut peraturan PSSI di Liga 1, pemain itu harus berumur di bawah 35 tahun, pernah bermain setidaknya di tiga putaran Piala Dunia terakhir (untuk hal ini pada tahun 2006, 2010 dan 2014) dan bisa berasal dari negara mana saja.

Dengan adanya "marquee player" di tim, jadi klub bisa memiliki empat pemain asing, di luar aturan dua plus satu

Untuk dua plus satu, yakni setiap klub hanya boleh mengontrak maksimal tiga pemain asing, dan dua merupakan pemain nonAsia dan satu pemain Asia. (*)