Polres Sijunjung Gencarkan Program Polisi Mencair

id Polres, Sijunjung, Program Polisi Mencari

Sijunjung, (Antara Sumbar) - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Sijunjung, Sumatera Barat menggencarkan program Polisi Mencair guna menangkal masuknya paham radikal atau radikalisme ke wilayah hukum tersebut.

"Program itu merupakan agenda rutin satuan pembinaan masyarakat (Satbinmas) berupa kegiatan silaturahmi dengan melakukan pembauran secara langsung oleh petugas polisi untuk mengajak masyarakat tetap memelihara kondusifitas situasi kamtibmas," kata Kapolres setempat, AKBP Dodi Pribadi SIK di Sijunjung, Jumat.

Melalui kegiatan ini, jelasnya masyarakat diimbau untuk memahami pentingnya mewujudkan rasa aman melalui tokoh agama, adat, pemuda serta unsur lainnya yang ada di tengah kehidupan sosial di daerah itu.

Selain itu, lanjutnya dalam program tersebut juga melibatkan satuan lainnya yang akan menjelaskan tentang seluruh layanan publik yang menjadi kewenangan pihak kepolisian.

"Salah satunya seperti sosialisasi tentang pajak kendaraan yang sudah dilaksanakan baru-baru ini oleh jajaran satuan lalulintas bersama petugas kantor bersama Samsat Sijunjung," kata dia.

Dia menyebutkan pada kegiatan tersebut masyarakat diberikan pengetahuan tentang pelayanan proses ganti nama kepemilikan kendaraan bermotor sesuai data pemilik sekarang.

Sehingga, lanjutnya risiko beredarnya kendaraan yang diperoleh dari hasil tindak kejahatan dapat ditekan sekecil mungkin.

"Wilayah hukum polres ini berada pada posisi silang yang menghubungkan akses jalan lintas daerah dan provinsi, sehingga dibutuhkan kewaspadaan dini dalam menangkal masuknya pelaku teror dan tindak kriminal dari luar daerah," kata dia.

Sementara itu, Wali Nagari atau kepala desa adat Kandang Baru Kecamatan Sijunjung, Maharlim sangat menyambut baik upaya yang dilakukan jajaran polres tersebut.

"Disamping bisa memahami pentingnya menolak segala bentuk paham radikal oleh masyarakat, kegiatan tersebut juga mampu meningkatkan kesadaran kami semua agar menjadi warga negara yang taat pajak dan mampu menghormati setiap upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat," tambahnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memerintahkan jajarannya untuk terus mengungkap jaringan terorisme dalam rangka menjaga keamanan masyarakat.

"Ini (terorisme) akan kita tekan terus, kita tidak berhenti, saya perintahkan juga kembangkan terus sampai sel-sel kecil," kata Tito. (*)