Listrik berkeadilan melalui program BPBL, PLN nyalakan 413 listrik gratis di Sijunjung

id PLN, listrik gratis, BPBL

Listrik berkeadilan melalui program BPBL, PLN nyalakan 413 listrik gratis di Sijunjung

Foto bersama usai pemyetahan bantuan penyambungan baru listrik di Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Dalam rangka mewujudkan pemerataan dan kesetaraan akses listrik khususnya bagi warga tidak mampu, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat melakukan peresmian secara simbolis Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) untuk 1200 rumah tangga kurang mampu yang tersebar di Sumatera Barat.

Peresmian dan Penyalaan Program BPBL dilakukan pada Sabtu (15/12) di Nagari Tamparungo, Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Hadir dalam kesempatan tersebut Manager PLN Unit Pelaksanan Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok Abdul Aziz, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, serta Camat Sumpur Kudus dan Wali Nagari Tamparungo.

Kabupaten Sijunjung mendapatkan alokasi sebesar 413 pelanggan yang mendapatkan BPBL tersebar di 14 Nagari dan 4 kecamatan.

Program BPBL merupakan program bantuan Pasang Baru listrik yang ditujukan untuk masyarakat tidak mampu sekaligus bertujuan meningkatkan rasio elektrifikasi dan memenuhi listrik berkeadilan di sudut negeri yang belum terjamah. Program ini diinisiasi Pemerintah melalui Kementrian ESDM yang tertera pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru listrik bagi Rumah Tangga Tidak Mampu.

Manager PLN UP3 Solok Abdul Aziz menyampaikan setiap calon penerima bantuan BPBL akan mendapatnya penyambungan listrik dengan daya 900 VA secara gratis, setelah sebelumnya dilakukan pemasangan instalasi tenaga listrik. Selain itu penerima juga dibebaskan dari biaya Sertifikasi Laik Operasi atau SLO, serta biaya pengisian token listrik perdana 100ribu rupiah.

"Kami merasa sangat bangga dan bersyukur dapat berkontribusi sesuai mandat pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kami berharap seluruh penerima bantuan dapat menikmati manfaat dari listrik untuk menunjang kehidupan dan aktivitas sehari-hari, termasuk kebutuhan penerangan, usaha kecil, dan berbagai aktivitas produktif lainnya,” ujarnya.

Sementara Itu Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menyampaikan apresiasi kepada PLN yang telah bersama-sama berkolaborasi memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik kepada masyarakat di daerah Sijunjung dan sekitarnya.

“Hadirnya program ini menjadi bukti bahwa negara hadir untuk memberikan bantuan untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Kami sangat berharap BPBL ini bisa menjadi salah satu penunjang dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik yaitu dengan menggunakan listrik secara produktif dalam kehidupan sehari-hari,”ungkap Benny.