308 Siswa SMAN 1 Gunungtalang Siap Hadapi UNBK

id UNBK, SMAN, Gunung Talang

308 Siswa SMAN 1 Gunungtalang Siap Hadapi UNBK

(ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Sebanyak 308 siswa SMAN 1 Gunung Talang, Kabupaten Solok siap menghadapi Ujian Berbasis Komputer (UNBK) yang akan diadakan dari tanggal 10 hingga 13 April 2017.

"Peserta ujian di sekolah kami terdiri dari 10 kelas, enam kelas IPA sebanyak 187 siswa, dan empat kelas IPS sebanyak 121 siswa yang akan menumpang di SMKN 1 Gunung Talang," kata Wakil Kepala SMAN 1 Gunung Talang Sulasman di Gunung Talang, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya SMAN 1 Gunung Talang sudah melakukan tiga kali simulasi yang berjalan lancar dengan teknisi dan operator SMK dengan SMA bekerja sama.

Siswa SMAN 1 Gunung Talang juga mengikuti bimbingan belajar sore untuk mematangkan persiapan UNBK dan ujian sekolah bertaraf nasional (USBN) yang bekerja sama dengan lembaga Nurul Fikri.

"Karena UNBK baru pertama kali diadakan di SMA kami, jadi belum bisa melaksanakan sendiri, sedangkan sekolah hanya memiliki 50 komputer, padahal persyaratan untuk penyelenggara ujian harus memiliki minimal 1/3 komputer dari jumlah siswa," ujarnya.

Ia mengatakan sekolah akan mencoba meminta bantuan dinas untuk melakukan pengadaan komputer, karena sebelumnya pelajaran teknologi infomartika komputer (TIK) telah dihapuskan di kurikulum.

Simulasi UNBK yang berlangsung mengurangi tingkat kecurangan, karena siswa tidak ada yang mencontek. Selain itu, lebih efisien tenaga dan anggota dalam memeriksa, sebab dapat langsung diperiksa.

"Alhamdulillah, nilai simulasi UNBK cukup memuaskan, tidak ada keterlambatan soal dan selama try out 3 kali suasananya tenang," ujarnya.

Lanjutnya, siswa sudah mulai santai dalam mengikuti ujian yang memiliki 50 soal tiap mata pelajarannya selama 2 jam.

Selain itu, siswa di SMAN 1 Gunung Talang juga sudah memasukkan aplikasi untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) yang akan keluar hasilnya pada 26 April 2017.

"Karena akreditasi kami A, jadi 50 persen siswa akan diseleksi. Setelah dipilih dari 50 persen tersebut, mereka akan mendaftar ulang," ujarnya.

Untuk pendaftaran SNMPTN tahun ini, siswa harus mengambil 2 pilihan program studi di Sumbar, dan 1 pilihan di luar daerah Sumbar.

Ia menyatakan antusias siswa di SMAN 1 Gunung Talang cukup tinggi untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Jika tidak diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) mereka akan mendaftar ke swasta.

"Tahun sebelumnya, sekitar 150 siswa kami diterima di PTN dari berbagai bidang," ujarnya. (*)