Millenials KAI sosialisasikan perkeretaapian pada pelajar di SMAN 8 Padang

id Millenials KAI Goes to School Padang, KAI Sumbar

Millenials KAI sosialisasikan perkeretaapian pada pelajar di SMAN 8 Padang

Millenials KAI memperkenalkan diri pada ratusan siswa SMA N 8 Padang sebelum menyampaikan materi tentang perkeretaapian di Padang, Kamis (2/11). (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar Millenials KAI Goes to School untuk menyosialisasikan berbagai hal terkait perkeretaapian sekaligus memberikan edukasi tentang keselamatan di perlintasan di SMAN 8 Padang.

Vice President PT KAI (Persero) Divre II Sumbar, Sofan Hidayah di Padang, Kamis mengatakan ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan ke sekolah tersebut di antaranya "motivational speech", sosialisasi keselamatan perkeretaapian dan pengenalan produk dan profesi KAI, "social media awareness" serta pemberian bantuan operasional sekolah.

“Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan perjalanan kereta api, memperkenalkan produk-produk terbaru, dan memberikan kontribusi positif kepada dunia pendidikan,” katanya.

Ia menyebut kegiatan yang mengambil tema "Building Hope with KAI’s Youth" itu merupakan program nasional yang sepenuhnya dilaksanakan oleh pada pegawai muda PT KAI.

Selain di Padang, kegiatan Millenials KAI Goes to School itu juga diadakan di SMAN 2 Madiun pada waktu yang bersamaan.

Sebanyak 27 orang pegawai muda PT KAI yang biasa disebut Millenials KAI, memberikan edukasi perkeretaapian kepada kurang lebih 456 siswa di SMAN 8 Padang.

Materi-materi yang disampaikan di antaranya sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api khususnya di perlintasan sebidang dan larangan vandalisme kereta api.

Millenials KAI memberikan penjelasan praktis dan nyata mengenai risiko dan tindakan pencegahan yang harus diambil untuk memastikan keselamatan di sekitar jalur kereta api.

Di samping itu, para pelajar juga memperoleh motivasi langsung dari pejabat KAI dengan harapan para pelajar lebih bersemangat dan terinspirasi mempersiapkan diri untuk sukses di dunia kerja. KAI turut memperkenalkan inovasi dan produk-produk baru KAI bagi para pelajar yang merupakan bagian dari pelanggan KAI.

KAI juga menyerahkan bantuan operasional sekolah untuk keperluan sarana olahraga, dan kebersihan. Bantuan ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan fasilitas pendidikan.

“Kami berharap bahwa program ini akan memberikan manfaat positif bagi para pelajar, sekolah, dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan meningkatkan kesadaran akan keselamatan di sekitar rel kereta api dan memberikan kontribusi nyata kepada dunia pendidikan, KAI ingin berperan aktif dalam membentuk generasi muda yang cerdas dan berkontribusi terhadap kemajuan transportasi massal kereta api,” kata Sofan.

Ketua kegiatan Millenials KAI Goes to School di Padang Satrio Kurniyadi pun mengungkapkan sangat senang dan bangga program dapat terlaksana dengan sukses.

“Senang sekali bisa berbagi kepada adik-adik tentang keselamatan perjalanan kereta api dan inovasi-inovasi KAI. Apalagi melihat ekspresi mereka yang antusias terhadap kehadiran kami. Harapan kami agar seluruh millenials BUMN sebagai generasi muda Indonesia dapat memberikan yang terbaik untuk negeri,” ujarnya..

Kegiatan Millenials KAI Goes to School itu sekaligus menjadi kegiatan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2023.