PLN sosialisasi produk-layanan dan K2 di SMAN 1 Sungai Rumbai

id PLN, K2, generasi muda

PLN sosialisasi produk-layanan dan K2 di SMAN 1 Sungai Rumbai

PLN sosialisasi produk-layanan dan K2 di SMAN 1 Sungai Rumbai sebagai komitmen peduli terhadap generasi muda. (ANTARA/HO-PLN)

Dharmasraya (ANTARA) - Tingkatkan pemahaman dan kepedulian generasi muda terhadap Kelistrikan, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sungai Rumbai dibawah kordinasi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok gelar Sosialisasi Produk dan Layanan PLN serta Keselamatan Ketenagalistrikan di SMA Negeri 1 Sungai Rumbai pada 14 Desember 2023 lalu.

Dalam kegiatan tersebut Manager ULP Armasnyah Putra menyampaikan berbagai informasi mengenai produk unggulan PLN, diantaranya superApps PLN Mobile yang merupakan layanan digital sebagai upaya memudahkan pelanggan dalam mengakses informasi dan mendapatkan pelayanan kelistrikan dalam satu genggaman.

"PLN Mobile sangat memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi kelistrikan, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pembayaran rekening atau pembelian token, permohonan pasang baru, perubahan daya, penerangan ekstra, dan lain sebagainya. Ada pula informasi-informasi kelistrikan, seperti promo kelistrikan maupun berita-berita terkini tentang kelistrikan hingga “Marketplace”; tempat berkumpulnya UMKM binaan PLN di seluruh Indonesia, bahkan ada juga untuk pengaduan dan keluhan pelanggan. Lengkap dan mudah, hanya dengan aplikasi PLN Mobile," imbuhnya.

Tak hanya itu, momen tersebut juga semakin lengkap dengan adanya sosialisasi potensi bahaya listrik. Para siswa dan guru dijelaskan perihal antisipasi kecelakaan akibat listrik yang dapat terjadi baik di lingkungan sekolah maupun dilingkungan rumah tempat tinggal siswa, seraya juga menyampaikan tips dalam memanfaatkan listrik secara positif, bijak dan benar, serta himbauan untuk menghindari aktivitas dan bermain layang-layang disekitar jaringan listrik PLN, karena akan berdampak buruk bagi keselamatan diri pemain maupun warga sekitarnya.

Ditempat berbeda, Manager PLN UP3 Solok, Abdul Aziz, menjelaskan kegiatan sosialisasi seperti ini rutin dilaksanakan PLN agar semakin banyak masyarakat memahami pentingnya menjaga keselamatan ketenagalistrikan dilingkungan masing-masing, khususnya kepada generasi muda siswa-siswi sekolah, sehingga mampu membantu mengedukasi anggota keluarga di rumah.

"Kami melihat, generasi muda ini khususnya yang duduk dibangku sekolah menengah atas lebih mudah untuk diedukasi dan berpotensi untuk dapat menjadi penyambung informasi di lingkungan masing-masing mengenai pentingnya keselamatan ketanagalistrikan," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi seperti ini rutin dilakukan diberbagai lokasi dengan berbagai jenis kelompok masyarakat agar informasi terkait keselamatan ketenagalistrikan dapat menyebar sampai ke seluruh masyarakat, karena keselamatan kelistrikan ini butuh keterlibatan semua pihak untuk peduli dan sama-sama menjaganya.

PLN sosialisasi produk-layanan dan K2 di SMAN 1 Sungai Rumbai sebagai komitmen peduli terhadap generasi muda. (ANTARA/HO-PLN)


Sementara itu, Kepala Sekolah SMA N 1 Sungai Rumbai Rini Susila, mengapresiasai kehadiran PLN atas kegiatan sosialisasi K2 disekolahnya. Ia mengaku kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan PLN sangat bermanfaat bagi para siswa, karena banyak informasi terkait masalah kelistrikan yang disampaikan dan diteruskan kepada lingkungan para siswa.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN telah berkenan hadir dan memberikan sosialisasi yang sangat penting untuk siswa kami, banyak sekali pemahaman yang bisa didapatkan sehingga para siswa pun dapat segera melakukan mitigasi resiko kecelakaan yang disebabkan listrik,” ungkap Rini.

Rini berharap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan diberbagai lokasi sekolah, sehingga semakin banyak para siswa generasi muda yang paham dan peduli terhadap masalah keselamatan ketenagalistrikan.