Siswa SMAN 1 Tanjung Raya Agam keluar terbaik tiga ISLC 2023

id SMAN 1 Tanjung Raya,Berita agam,Berita sumbar

Siswa SMAN 1 Tanjung Raya Agam keluar terbaik tiga ISLC 2023

Maya Novita bersama Kepala SMAN 1 Tanjung Raya Zulkifli. Dok Antara/Yusrizal

Lu (ANTARA) - Maya Novita siswa SMAN 1 Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat keluar sebagai terbaik tiga pada Indonesia Student Leadership Camp (ISLC) diadakan Human Development Universitas Indonesia pada 2023.

"Saya keluar sebagai terbaik tiga dibawah peserta dari Jakarta dan Bali. Prestasi tersebut berkat dukungan pihak sekolah, orang tua, teman-teman dan lainnya," katanya di Lubuk Basung, Senin.

Ia mengatakan, prestasi yang diraih itu merupakan yang perdana diraih siswa dan siswi di Kabupaten Agam.

Setelah itu, ia terpilih menjadi koordinator pusat. Ia bertemu langsung dengan Ketua DPR-RI Puan Maharani, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan lainnya.

"Ini prestasi yang luar biasa yang saya raih," katanya.

Ia menambahkan, sekitar 15 ribu peserta ikut seleksi administrasi ISLC tersebut dan mereka utusan siswa di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Untuk lolos tahap selanjutnya sebanyak 1.000 orang. Setelah itu, dilanjutkan tahapan pembuatan esay, video dan seleksi terakhir wawancara.

Dalam pembuatan essay ada lima topik pembahasan yang hangat berupa pengadaan siber, transformasi pendidikan, kedaulatan pangan, ekonomi sekuler dan energi terbarukan.

"Saya memilih ekonomi sekuler dengan mengambil peranan perempuan Kecamatan Tanjung Raya dalam menjalankan usaha otodidak yang berkesinambungan dengan Danau Maninjau," katanya.

Sementara Kepala SMAN 1 Tanjung Raya Zulkifli mengucapkan selamat kepada Maya Novita yang telah keluar sebagai terbaik tiga tingkat nasional.

"Prestasi yang diraih ini bisa memberikan motivasi bagi siswa yang lainnya," katanya.

Ia menambahkan, SMAN 1 Tanjung Raya memberikan dorongan dan mendukung siswa yang mengikuti perlombaan dalam mengharumkan sekolah maupun daerah.

Untuk mendukung itu, SMAN 1 Tanjung Raya melibatkan alumni untuk memberikan pembekalan, berkoordinasi dengan instansi terkait dan lainnya.

"Berkat dukungan dan kerjasama itu, siswa berprestasi baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional," katanya.

Siswa SMAN 1 Tanjung Raya juga terpilih sebagai delegasi Indonesia pada kegiatan Asia Word Model United Nations (AWMUN) VI di Bangkok, Thailand pada 3-6 November 2023.

Paskibraka Sumbar satu orang dan Paskibraka Agam dua orang.