IAIN Batusangkar Siapkan Lulusan Bereputasi Global

id iain batusangkar

IAIN Batusangkar Siapkan Lulusan Bereputasi Global

Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Kasmuri didampingi para wakil rektor, dekan, kepala biro, foto bersama dengan wartawan usai acara silaturahim dan penyampaian penerimaan mahasiswa baru di Batusangkar, Selasa (7/3) (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang berkearifan lokal dan bereputasi global.

"Misi kita menjadikan kampus dan lulusannya yang memiliki keilmuan berintegratif dan interkonektif, berkearifan lokal dan bereputasi global," kata Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Kasmuri dalam acara silaturahim dengan wartawan di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan dengan perubahan status dari STAIN menjadi IAIN Batusangkar ini akan menerapkan sistem pendidikan berkarakter kepada mahasiswa yang diharapkan oleh pemerintah pusat dalam program Nawacita.

"IAIN Batusangkar siap menghasilkan lulusan yang memiliki intelektual tinggi, modern sekaligus berkarakter dengan nilai-nilai akhlak yang mulia dan religius," katanya.

Rektor menjelaskan keilmuan yang berintegrasi tersebut bukan hanya sekedar mencarikan ayat atau hadist yang relevan dengan materi pelajaran, melainkan sebagai landasan filosofi keilmuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Masyarakat umum saat ini masih sulit melepaskan diri dari pemikiran dikotomi ilmu pengetahuan antara ilmu agama dan ilmu umum, namun pada hakekatnya kedua ilmu tersebut merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan," katanya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar, Dr. Syukri Iska mengatakan dalam mempersiapkan lulusan perguruan tinggi yang berdaya saing tinggi harus melakukan inovasi-inovasi pendidikan dalam berbagai bidang dan program studi.

Ia menyebut kecenderungan pendidikan pada era globalisasi ini adalah mengggali kembali nilai-nilai pendidikan yang berbasis kultur budaya lokal dan norma keagamaan.

"Kita siap menghasilkan lulusan yang cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual dalam mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu," katanya.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Batusangkar, Nasfizar Guspendri, MSi menyampaikan pada tahun ajaran 2017 ini pihaknya akan menerima sebanyak 2.000 mahasiswa pada empat fakultas yakni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Syariah (FS), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Sementara untuk penerimaan mahasiswa pascasarjana untuk lima program studi yakni Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Pendidikan Agama Islam (PAI), Ekonomi Syariah (ES), dan Hukum Keluarga (HK).

Ikut hadir pada acara silaturahim tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Desmita, MSi, Warek Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Dr. Marjoni Imamura, Warek Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Rizal, Kepala Biro Administrasi, Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan (AUAK) Yasrizal, MPd, Dekan FTIK Dr. Sirajul Munir, Dekan FS Dr. Zainuddin, Dekan FEBI Nasfizar Guspendri, MSi, Dekan FUAD Adripen, MPd dan Humas Kardinal. (*)