Bupati Eka Putra blusukan ke rumah sakit umum daerah pastikan layanan maksimal

id Bupati Eka Putra,berita tanah datar,berita sumbar,RSUD) M. Ali. Hanafiah Batusangkar

Bupati Eka Putra blusukan ke rumah sakit umum daerah pastikan layanan maksimal

Bupati Tanah Datar Eka Putra (tengah) saat melakukan kunjungan ke RSUD M. Ali. Hanafiah Batusangkar Senin, (22/1) (Antara/Etri Saputra).

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi asisten pemerintahan dan Kesra Elizar melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Ali. Hanafiah Batusangkar pada Senin, (22/1).

"Tujuannya adalah untuk memastikan pelayanan maksimal yang diberikan pihak rumah sakit kepada pasien yang datang ke rumah sakit," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Senin.

Bupati melakukan blusukan ke beberapa bagian di rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut, seperti ke poliklinik, ruang rawat inap, dan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Dia mengatakan, kepada para petugas di rumah sakit tersebut untuk senantiasa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

"Saya sampaikan kepada petugas kami untuk bekerja dengan ikhlas, karena orang yang datang adalah orang sakit pasti banyak beban pikirannya. Jika kita ikhlas menghadapi apa yang kita lakukan mendapat ibadah disisiNya. Kepada pasien dan masyarakat mohon untuk bersabar," ujarnya.

Terkait adanya kritikan yang menilai pelayanan rumah sakit M. Ali. Hanafiah tidak memuaskan baginya adalah kritikan dan masukan yang harus dibenahi

"Kalau ada kritikan itu biasa, tentu mengatakan puas itu tergantung masyarakat. Tapi intinya bagi kita bagaiman masyarakat itu bisa sembuh keluar dari sini. Kalau ada keluhan tolong sampaikan kepada kami biar kami evaluasi pegawai-pegawai kami," ujar dia.

Direktur RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar dr. Nurman Eka Putra Wijaya, mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik sebagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Pihak rumah sakit juga selalu memberikan informasi baik dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit yang dapat membantu pasien merasa lebih baik.

"Kami jajaran Rumah Sakit selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sebagaimana yang diperintahkan Bupati Tanah Datar," kata dia.

Dia mengatakan, terkait pelayanan di rumah Slsakit tersebut cukup mendapatkan tanggapan baik dari setiap pasien.

Hal itu ditunjukkan dengan peningkatan pasien yang berobat ke RSUD M. Ali Hanafiah pada tiga tahun belakangan atau saat pandemi dan pasca pandemi COVID-19.

Data kunjungan ke RSUD M. Ali. Hanafiah. Batusangkar pada tahun 2021 kunjungan berobat tercatat untuk pelayanan poliklinik 55.428 kunjungan, sebanyak 5.440 kunjungan untuk pelayanan rawat inap, dan 10. 836 kunjungan pada pelayanan IGD, dengan total kunjungan seluruhnya sebanyak 71. 524 orang.

Sedangkan pada tahun 2022 tercatat untuk pelayanan poliklinik tercatat sebanyak 89.079 kunjungan, pelayanan rawat inap sebanyak 6.798 kunjungan, dan pelayanan IGD 18.461 kunjungan, dengan total kunjungan 114. 338.

Kemudian pada tahun 2023 tercatat untuk pelayanan poliklinik sebanyak 96. 510 kunjungan, pelayanan rawat inap sebanyak 8.805 kunjungan, dan untuk pelayanan IGD sebanyak 22.050 kunjungan, dengan total kunjungan selama tahun 2023 mencapai 127.365.