Sering dikeluhkan warga, empat ruas jalan provinsi menuju Batusangkar diperbaiki

id empat ruas jalan provinsi menuju Batusangkar diperbaiki,pemkab Tanah Datar,berita Tanah Datar,berita sumbar

Sering dikeluhkan warga, empat ruas jalan provinsi menuju Batusangkar diperbaiki

Jalan provinsi menuju Batusangkar diperbaiki (Antara/HO)

Batusangkar (ANTARA) - Sejumlah ruas jalan provinsi di Kabupaten Tanah Datar yang sering dikeluhkan pengendara yang melintas karena kondisi jalan rusak akhirnya diperbaiki.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Tanah Datar Ten Fery di Batusangkar Kamis, mengatakan empat ruas jalan tersebut meliputi ruas Jalan Ombilin-Batusangkar dengan anggaran Rp7 miliar, ruas Jalan Baso-Batusangkar, ruas jalan Kubu Kerambil-Batusangkar, dan Payakumbuh-Setangkai yang masing-masing dianggarkan Rp 1 miliar.

"Keempat ruas jalan itu dilakukan perawatan atau Patching dan ditargetkan siap pengerjaannya jelang Hari Raya Idul Fitri," kata dia.

Dia menjelaskan, khusus untuk Jalan Ombilin-Batusangkar dianggarkan lebih besar karena bukan patching melainkan ada yang diaspal baru dengan panjang bervariasi.

"Yakni ada yang diaspal 200 meter, dan ada yang 100 meter dan juga penambalan jalan-jalan yang berlubang," kata dia.

Dia menyebut, keempat ruas jalan itu telah mulai pengerjaannya sejak awal Ramadhan lalu dengan berangsur-angsur dan di targetkan selesai jelang akhir Ramadhan nanti.

Selain itu, Pemkab Tanah Datar juga tengah mengusulkan beberapa ruas jalan untuk diperbaiki melalui dana Inpres.

Diantara ruas jalan tersebut jalan Lubuk Mata Kucing ke Singgalang dan tembus ke Pandai Sikek, ruas jalan Sikaladi (Pariangan) ke Pakan Rabaa (Sabu), dan satu perbaikan jembatan di Nagari Lubuk Jantan, Lintau Buo Utara.

Selain perbaikan jalan dan jembatan kata Ten Fery, pada tahun ini pihaknya juga melakukan rehab jaringan irigasi di beberapa nagari di Tanah Datar.

"Diantara irigasi di Nagari Bungo Tanjung dan Batu Taba, Kecamatan Batipuh, di Parambahan Kecamatan Lima Kaum, dua titik di Kecamatan Rambatan, dan di Kecamatan Tanjung Emas," kata dia.