Bukittinggi Gratiskan Masuk Objek Wisata 11 Maret

id Objek, Wisata, Bukittinggi

Bukittinggi Gratiskan Masuk Objek Wisata 11 Maret

Jambatan Limpapeh Bukittinggi. (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), akan menggratiskan masuk ke sejumlah objek wisata berbayar di daerah itu pada 11 Maret 2017.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, Emil Anwar di Bukittinggi, Kamis, mengatakan penggratisan diberlakukan dalam rangka memperingati 33 tahun pencanangan daerah itu sebagai Kota Wisata.

"Penggratisan masuk objek wisata di peringatan sebelumnya pernah dilakukan dan mendapat sambutan baik terutama dari anak sekolah sehingga tahun ini kembali dilakukan sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata," katanya.

Penggratisan pada 11 Maret 2017 diberlakukan di objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK), Rumah Adat Baanjuang dan akuarium yang berada di kawasan TMSBK serta Taman Panorama dan Lobang Jepang.

"Masuk objek wisata secara gratis hanya berlaku satu hari saja. Karena bertepatan dengan akhir pekan kami harap lebih banyak masyarakat dapat menikmatinya," ujarnya.

Selain gratis masuk objek wisata, pemerintah setempat telah menyiapkan sejumlah kegiatan dalam rangka peringatan pencanangan Kota Wisata.

Ia menyebutkan perayaan pencanangan 33 tahun Kota Wisata mulai dilakukan pada 4 Maret 2017 melalui lomba menyanyi tembang wisata yang diperuntukkan bagi peserta usia 15-35 tahun.

"Pelaksanaan lomba dilakukan di objek wisata Taman Panorama. Berhubung bertepatan dengan akhir pekan, lomba ini dapat menjadi hiburan tambahan bagi wisatawan yang datang berkunjung," katanya.

Selanjutnya pada 5 Maret 2017, pemerintah setempat menggelar Jam Gadang Flash Mob di pelataran objek wisata Jam Gadang mulai pukul 7.00 WIB.

Emil menyebutkan kegiatan itu baru pertama kali dilakukan dalam peringatan pencanangan Kota Wisata.

"Sesuai organisasi perangkat daerah (OPD) baru Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, flash mob ditujukan agar pesertanya dapat berwisata sekaligus berolahraga karena dilaksanakan pada Minggu(5/3) pagi hari," ujarnya.

Kemudian pada 12 Maret 2017 dilaksanakan kegiatan jalan santai dengan tema jelajah pesona wisata Bukittinggi yang dimulai dari Jalan Sudirman dan berakhir di Ngarai Sianok.

"Semua kegiatan yang dilakukan itu terbuka bagi masyarakat dengan harapan kegiatan itu sekaligus dapat menjadi sarana mempromosikan pariwisata daerah," ujarnya. (*)