Polisi Terima 1.570 Laporan Kehilangan Sepeda Motor

id Pencurian Sepeda Motor

Padang, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat, mencatat sejak Januari hingga November 2016 telah terjadi 1.570 kasus pencurian sepeda motor di kota itu.

"Dari ribuan kasus pencurian tersebut sebagian sudah diungkap, bahkan sudah ada yang dilimpahkan ke kejaksaan dan pengadilan," kata Kepala Bagian Operasional Polresta Padang, Kompol Sumintak di Padang, Selasa.

Ia mengungkapkan ribuan kasus tersebut merupakan laporan yang diterima pihaknya baik dari Polresta Padang maupun seluruh Polsek.

Menurutnya salah satu faktor yang membuat banyaknya terjadi kasus pencurian tersebut karena lengahnya pemilik kendaraan. Dimulai dari kunci tertinggal di motor saat parkir dan memarkir motor pada tempat- tempat yang tidak terjamin kemanannya.

"Situasi-situasi itulah yang membuat para pelaku dengan mudah mencuri kendaraan milik masyarakat," katanya.

Dirinya mengimbau masyarakat agar tidak lengah terhadap kendaraan yang dimilikinya. Selain itu dirinya berharap masyarakat untuk selalu menjaga keamanan kendaraannya sendiri.

"Salah satunya dengan menggunakan kunci ganda yang di pasang pada roda motor," ujarnya.

Selain itu kasus pencurian juga bisa terjadi disebabkan niat para pelaku untuk mencuri dengan menggunakan peralatan yang memang sengaja dipersiapkan oleh pelaku seperti menggunakan kunci leter T.

"Kami ingatkan sebelum meninggalkan kendaraan usahakan terlebih dahulu memastikan apakah kunci motor tidak tertinggal pada motor tersebut," katanya.

Ia mengatakan data kasus pencurian kendaraan bermotor ini bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memarkirkan kendaraannya.

Dirinya menyebutkan pihak kepolisian akan terus meningkatkan kinerja untuk mengurangi terjadinya pencurian itu dengan terus melakukan patroli oleh Bhabinkamtibmas di setiap kelurahan.

Selain itu hendaknya masyarakat juga mulai mengaktifkan kembali kegiatan ronda malam dengan tujuan memperkecil kemungkinan terjadi pencurian di lingkungan mereka.

"Sehingga tingkat pencurian kendaraan bermotor dapat berkurang dengan adanya upaya yang dilakukan tersebut," katanya. (*)