PPK Talamau Pasaman Barat salurkan logistik pemilu gunakan sepeda motor ke lokasi terjauh

id PPK Talamau Pasaman Barat ,berita pasbar,berita sumbar, Pemilu 2024

PPK Talamau Pasaman Barat salurkan logistik pemilu gunakan sepeda motor ke lokasi terjauh

Salah seorang personel Polres Pasaman Barat memikul kotak suara Pemilu 2024 melewati sungai bersama PPK Kecamatan Talamau untuk kebutuhan logistik di TPS terjauh daerah Tombang Mudiak, Selasa (13/2/2023). Antara/HO-PPK Talamau.

Simpang Empat (ANTARA) - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat salurkan logistik Pemilu 2024 ke Tombang yang merupakan lokasi terjauh di daerah itu menggunakan sepeda motor karena tidak bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat, Selasa.

"Penyaluran logistik ke daerah Tombang Mudiak menggunakan sepeda motor melewati jalan berlubang dan bertanah. Sebanyak 10 kotak surat suara telah sampai ke panitia pemungutan suara di lokasi tempat pemungutan suara," kata Ketua PPK Kecamatan Talamau Paimal didampingi Koordinator Sekretariat PPPK Mahyu Danil di Talu Talamau, Selasa.

Ia mengatakan logistik untuk daerah Tombang untuk dua TPS yakni TPS 23 dengan jumlah pemilih 179 orang dan TPS 24 dengan pemilih 173 orang.

Pihaknya memilih menggunakan sepeda motor dikarenakan jalan menuju daerah itu tidak bisa dilalui kendaraan roda empat atau masuk daerah rawan secara geografis.

Pendistribusian logistik itu mendapat pengawalan dari pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya agar berjalan lancar, aman dan tidak ada kendala.

"Perjalananya cukup jauh sekitar 1 jam lebih karena medan jalannya yang cukup parah. Apalagi melewati sejumlah sungai sehingga kotak suara itu terpaksa di pikul melewati air sungai itu," katanya.

Ia menyebutkan logistik untuk Kecamatan Talamau telah tersalurkan ke 100 TPS untuk Pemilu 2024

"Semua logistik telah sampai di masing-masing TPS. Tidak ada kendala dalam penyalurannya," katanya.

Daerah Tombang Kecamatan Talamau merupakan salah satu daerah yang dikategorikan daerah rawan secara geografis sehingga diperlukan penanganan khusus dalam pendistribusian logistik.

Selain jarak yang jauh, juga akses jalan menuju lokasi itu tidak memadai dan rawan bencana alam atau longsor.

Jumlah TPS yang di Pasaman Barat ada 1.286 dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 296.294 jiwa dengan laki-laki 147.599 jiwa dan perempuan 148.655 jiwa. Tersebar di 11 kecamatan dan 90 nagari atau desa.***2***