Pustaka IAIN Batusangkar Gelar Workshop Literasi Informasi

id Pustaka IAIN

Pustaka IAIN Batusangkar Gelar Workshop Literasi Informasi

Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar Syukri Iska memberikan sambutan saat penutupan workshop literasi informasi di hadapan peserta di Kampus setempat, Sabtu (12/11) (Antara Sumbar/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Perpustakaan IAIN Batusangkar menggelar workshop tentang literasi informasi bagi dosen, peneliti dan mahasiswa.

Workshop ini merupakan salah satu wujud pengejawantahan visi dan misi IAIN Batusangkar sebagai kampus riset atau penelitian, kata Direktur Program Pascasarjana IAIN Batusangkar Dr Syukri Iska saat menutup acara itu di Kampus setempat, Sabtu (12/11).

Ia berharap seluruh peserta dapat menyerap pengetahuan dan keahlian yang diberikan oleh nara sumber.

Kegiatan ini sengaja diadakan untuk memberikan kemudahan bagi para dosen, peneliti, dan mahasiswa mengakses ke literatur bahan bacaan secara online, katanya.

Disamping itu, juga membuka peluang bagi para dosen untuk mengirimkan tulisannya di jurnal internasional dan menambah kemampuan para pustakawan dalam memberikan pelayanan literasi informasi online.

Sementara itu, Kepala Pustaka IAIN Batusangkar Syafrinal menyampaikan workshop ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang berbagai ragam database referensi riset online seperti jurnal ilmiah, disertasi, skripsi, prosiding konferensi, research report, E-book dan lain lain.

Kemudian mengembangkan keahlian dalam menggunakan fitur-fitur penelusuran database online yang disediakan oleh berbagai sumber referensi riset tersebut, katanya.

Ia menyebut peserta workshop dapat mengenal soft ware zotero sebagai salah satu sarana untuk membangun dan mengelola koleksi referensi riset.

Dengan demikian para peserta akan mampu menelusuri keragaman sumber riset yang dibutuhkan untuk memperkuat referensi dalam kegiatan penelitian, katanya.

Dalam workshop ini menghadirkan pembicara utama Kepala Pustaka UIN Malang Faizuddin Harliansyah yang juga pakar bidang Literasi Informasi.

Workshop diikuti oleh 50 orang dosen Pascasarjana, mahasiswa IAIN Batusangkar, Pustakawan dari UIN Sunan Kalijaga Bandung, dan pustakawan IAIN Imam Bonjol Padang. (*)