Pemkab Tanah Datar dukung alih status IAIN Batusangkar jadi UIN

id Kampus IAIN Batusangkar,berita tanah datar,tanah datar terkini,IAIN Batusangkar,kampus di tanah datar,berita sumbar

Pemkab Tanah Datar dukung alih status IAIN Batusangkar jadi UIN

Kampus IAIN Batusangkar di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. (Antara/Doni Humas IAIN Batusangkar)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mendukung alih statusnya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar menjadi Universitas Islam Negeri Batusangkar.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian di Batusangkar, Selasa, mengatakan meningkatnya status IAIN menjadi UIN dalam beberapa waktu ke depan akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Tanah Datar.

"Keberhasilan IAIN meningkat status tentunya harus kami apresiasi dan dukung sepenuh hati karena menjadi kebanggaan kita semua," katanya.

Ia mengatakan meningkatnya status IAIN diharapkan juga akan meningkatkan minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan di Batusangkar, sehingga menjadikan Tanah Datar pusat pendidikan di Sumatera Barat.

"Kita harapkan setelah alih status menjadi UIN semakin banyak mahasiswa untuk berkuliah di sini, apalagi Tanah Datar merupakan daerah yang letaknya di tengah di antara kabupaten kota lain sehingga akses semakin mudah, dan tentunya akan menjadikan Tanah Datar pusat pendidikan di Sumatera Barat," katanya.

Ia mengaku keberadaan IAIN Batusangkar sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Tidak saja sebatas pendidikan namun manfaat ekonomi juga sangat dirasakan bagi masyarakat setempat sehingga ini menjadi potensi yang bisa dimaksimalkan ke depannya," katanya.

Ia juga mengatakan pemerintah kabupaten akan mendukung dan siap bersinergi dengan IAIN atau UIN Batusangkar ke depan terutama dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di Tanah Datar.

Sementara Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora mengatakan alih status IAIN menjadi UIN akan dikunjungi tim asesmen dari Kementerian Agama pada 26 dan 27 Maret langsung ke kampus itu.

IAIN sebagai perguruan tinggi di Tanah Datar juga siap bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan mendukung penuh program-program pemerintah.

"Salah satu misi dari IAIN ingin Tanah Datar kembali menjadi pusat pendidikan agama Islam dan program ini hampir sejalan dengan visi dan misi Pemkab Tanah Datar," katanya. (*)