Pegawai RSUD Batusangkar Dibimtek Bantuan Hidup Dasar

id Bimtek

Pegawai RSUD Batusangkar Dibimtek Bantuan Hidup Dasar

Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma memberikan sambutan sebelum membuka bimbingan teknis tentang bantuan hidup dasar (BHD) di Batusangkar, Sabtu (5/11). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (AntaraSumbar) - Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ali Hanafiah Batusangkar, Tanah Datar, diberi bimbingan teknis (Bimtek) seputar Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Aula Hotel Pagaruyung, 5 - 6 November 2016.

"Kita memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan in mengingat setiap pegawai rumah sakit harus memiliki keterampilan khusus dalam penanganan pertama terhadap pasien," kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat membuka Bimtek di Batusangkar, Sabtu.

Ia menyebut bimtek semacam ini sangat penting melihat angka kecelakaan lalu lintas setiap tahun terus meningkat tanpa mengenal waktu dan tempat.

"Untuk itu, kita dituntut mampu menangani korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi secara cepat dan tepat, serta bertanggung jawab," katanya.

Namun demikian, tutur Wabup, kemampuan individu pegawai selaku petugas medis juga harus diimbangi dengan pelayanan yang profesional sehingga ini mampu menjadi obat tersendiri bagi para pasien.

Ia mengharapkan peserta Bimtek dapat proaktif menangani setiap kasus yang dihadapi dan dituntut lebih peduli melayani masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris RSUD Ali Hanafiah Batusangkar Athosra mengatakan kegiatan bimtek ini bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat akreditasi rumah sakit pada 2017.

"Seluruh pegawai rumah sakit harus lulus dan mempunyai sertifikat Bimtek PHD ini, baik itu pegawai yang ASN maupun yang belum," ujarnya.

Ia menyebut materi yang disampaikan dalam bimtek ini seputar penanganan kegawatan jantung, BHD, shock, assesment managemen air way dan briathing, triase dan initial dan transportasi serta evakuasi pasien.

Athos menjelaskan bimtek BHD ini diberlakukan bagi seluruh pegawai rumah sakit yang dilaksanakan empat angkatan, saat ini angkatan I, kemudian angkatan II dilaksanakan pada 19 - 20 November, angkatan III pada 3 - 4 Desember dan angkatan IV pada 10 - 11 Desember.

"Bimtek dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu agar tidak mengganggu jam kerja bagi pegawai," katanya. (*)