122 Lansia Agam Terima Bantuan dari Kemensos

id Lansia Agam

Lubuk Basung, (Antara) - Sebanyak 122 warga lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menerima bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kabupaten Agam, Muhammad Khudri di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan ke 122 warga ini tersebar di Kecamatan Palupuh, Palembayan, Malalak dan Lubuk Basung.

"Mereka mendapatkan bantuan sosial ini semenjak 2011 sampai sekarang dengan jumlah sebesar Rp200.000 per orang per bulan," katanya.

Dana ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang telah dianggarkan setiap tahunnya.

Dana ini dikirim melalui PT Pos terdekat dan langsung diambil oleh yang bersangkutan atau diwakili kepada anak mereka.

Ia menambahkan, dana ini sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan dasar atau makan bagi warga lanjut usia, karena mereka merupakan tangung jawab negara.

Penerima bantuan ini berdasarkan hasil verifikasi yang sebelumnya dilakukan Dinsosnakertrans Kabupaten Agam dengan Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Agam.

Warga penerima bantuan ini memenuhi kriteria seperti sangat miskin, mengalami sakit berat atau cacat, berusia di atas 60 tahun dan lainnya.

"Penerima bantuan ini tidak bisa diganti-ganti dan mereka yang menerima bantuan ini benar-benar orang yang membutuhkan," katanya. (*)