Enam Judoka Sumbar Berpeluang Lolos PON 2016

id Judoka Sumbar

Padang, (Antara) - Enam atlet judo (judoka) Sumatera Barat (Sumbar) berpeluang lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 yang akan berlangsung di Jawa Barat.

"Dari beberapa babak kualifikasi yang dijalani dan poin yang diraih enam atlet berpeluang besar tampil di PON 2016," kata Pelatih Kepala Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumbar Hendri Gusma Darma di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan, enam judoka tersebut yakni Ridho Ichlas Ichsan kelas -55 kilogram putra, Feldi Rizaldo kelas -73 kilogram putra, Baitul Fajri 66 kilogram putra, Elvi Fernando 60 kilogram.

Sementara dua atlet lainnya yakni nomor putri atas nama Yolanda Indra kelas 52 kilogram dan Sakinah kelas 57 kilogram.

Ia menjelaskan, untuk menjaga peluang lolos PON tersebut tetap ada, seluruh atlet tersebut harus tetap turun pada dua babak kualifikasi lainnya.

"Masih ada dua babak kualifikasi lainnya, artinya kami harus tetap turun pada ajang tersebut untuk menjaga poin yang sudah diraih pada babak sebelumnya," kata Hendri.

Dua ajang yang dimaksud yakni Kejurnas di Karawang pada Oktober 2015 dan Kejurnas Bandung Desember tahun ini.

Tim judo Sumbar juga berpeluang besar menambah jumlah atlet yang lolos PON, jika dua atlet lainnya, yakni Marcio Ferda yang turun pada kelas 81 kilogram dan Syintia kelas 48 kilogram putri, mampu menembus ranking delapan pada dua ajang tersebut.

"Saat ini untuk Marcio masih berada di rangking delapan dan Syintia diperingkat 13," katanya.

Sebelumnya salah seorang judoka Sumbar atas naman Ridho Ichlas Ichsan dipangggil pengurus besar PJSI untuk masuk dalam Pemusatan dan Latihan Nasional (Pelatnas) Program Indonesia Emas (Prima) untuk SEA Games 2016.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar Handrianto mengatakan, PON 2016 harus menjadi momenum PJSI Sumbar untuk menorehkan prestasi.

"Materi judoka Sumbar saat ini cukup baik dan ada peningkatan. Ini menjadi momentum untuk bisa meraih medali emas di PON 2016," katanya. (*)