Padang Benahi Fasilitas Objek Wisata

id wisata

Padang, 25/5 (Antara) - Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan membenahi fasilitas objek wisata yang ada di kota itu sebagai upaya peningkatan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung.

"Kami akan bangun berapa fasilitas seperti menara keamanan, WC umum, gazebo, dan lainya," Kata Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Padang Dian Fakri di Padang, Senin didampingi Kepala Bidang Obyek dan Sarana Wisata Robert Candra Ep.

Ia mengatakan untuk kawasan Pantai Air Manis akan dibangun menara keamanan atau menara pantau dengan anggaran sebesar Rp180 juta.

"Ini upaya meningkatkan keamanan pengunjung karena akhir-akhir ini cukup banyak yang melakukan olahraga selancar air sehingga mudah dipantau," katanya.

Kemudian, untuk Pantai Muaro Lasak, Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat akan dibangun fasilitas WC umum dengan anggaran sebesar Rp151 juta.

Lalu, pada kawasan pantai Pasir Jambak, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, akan dibangun gazebo dengan anggaran Rp67 juta.

Ia menyebutkan pada tahun ini Pemerintah Kota Padang telah mengalokasikan anggaran sebanyak Rp1,7 miliar untuk menjaga kebersihan di seluruh kawasan pantai Padang, lanjutnya.

Pada sisi lain ia mengatakan saat ini juga sedang mengupayakan pembebasan lahan untuk area olahraga paralayang di Bukit Gado-Gado Pantai Air Manis.

"Kami sudah usulakan kepada dinas terkait agar lokasi itu menjadi kawasan wisata yang dikelola oleh pemerintah kota nantinya," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan ke dinas terkait untuk membeli sebagian tanah di kawasan Pantai Air Manis sebagai upaya perluasan kawasan pantai tersebut.

Sementara itu Refi Yana (24), salah satu pengunjung d ikawasan Pantai Muaro Lasak menyambut baik rencana pembangunan WC umum di kawasan itu.

"Bagus, karena selama ini fasilitas wc umum sangat terbatas," ujarnya.(cpw 12)