Solok Selatan salurkan 10.718 seragam sekolah gratis

id pemkab Solok Selatan,berita Solok Selatan,berita sumbar

Solok Selatan salurkan 10.718 seragam sekolah gratis

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi didampingi kepala OPD foto bersama dengan ketua DPRD Zigo Rolanda serta pelajar yang menerima bantuan seragam gratisĀ 

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah menyalurkan 10.718 stel seragam sekolah gratis untuk pelajar tingkat TK hingga SMP tahun ajaran 2024/2025 di tujuh Kecamatan yang ada.

Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi, di Padang Aro, Selasa, mengatakan, bantuan pendidikan dalam bentuk seragam sekolah gratis bertujuan untuk menyiapkan generasi yang berkualitas, berdaya saing dan memiliki akhlak yang baik.

"Dukungan dalam bentuk seragam gratis ini, diharapkan dapat meringankan beban para orang tua dan memotivasi para anak-anak agar lebih giat lagi belajar," ujarnya.

Selain seragam gratis Pemkab Solok Selatan juga memaksimalkan progam pendidikan lainnya seperti Kepala Sekolah atau Guru Penggerak, beasiswa untuk murid berprestasi baik di tingkat SD, SMP dan SMA maupun untuk masuk ke Perguruan Tinggi.

"Pemerintah daerah bertanggung jawab untuk menyiapkan generasi Solok Selatan yang berkualitas dengan menjaga kualitas mereka dari sekarang," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Solok Selatan, Syamsuria menjelaskan pembagian seragam gratis untuk siswa baru TK, SD dan SMP ini, mengunakan anggaran dari DPA Dinas Pendidikan pada program pengelolaan pendidikan sub kegiatan penyediaan biaya personil peserta didik.

Bantuan ini telah dilakukan berturut-turut Selama empat Tahun sejak 2021 hingga 2024 dengan jumlah total yang telah disalurkan yaitu sebanyak 25.074 pasang seragam SD, 14.928 pasang seragam SMP.

Sementara bantuan seragam TK baru dimulai sejak tahun 2023 hingga tahun ini, sebanyak 2.914 pasang.

Untuk 2024 Kecamatan Sangir Batang Hari menjadi daerah terakhir yang disalurkan bantuan sebanyak 1.166 pasang dengan rincian 136 pasang seragam TK, 664 pasang seragam SD, dan 366 pasang seragam SMP.