Kualitas pemberdayaan KB di Sawahlunto semakin kuat dan unggul

id KB di Sawahlunto ,Harganas Tingkat Sumbar

Kualitas pemberdayaan KB di Sawahlunto semakin kuat dan unggul

Kepala Bidang Dalduk KB Dinkesdalduk-KB Sawahlunto Silvi Andriani foto bersama Wagub Audy Joinaldy usai terima penghargaan prestasi KB Sawahlunto, Sabtu. (Antarasumbar/HO-Istimewa)

Saw (ANTARA) - Kualitas pemberdayaan Keluarga Berencana (KB) di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat terus meningkat terutama pada aspek pelayanan akseptor, bina keluarga balita dan pembangunan keluarga menuju penurunan stunting.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan, di Sawahlunto, Sabtu menyampaikan peningkatan kualitas itu salah satunya terbukti dari capaian prestasi yang baru saja diraih Pemkot pada ajang puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tingkat Provinsi Sumbar.

“Alhamdulillah, dari puncak Harganas Tingkat Sumbar tadi Sawahlunto memperoleh prestasi terbaik di tiga kategori. Yakni terbaik pertama pelayanan KB serentak sejuta akseptor, setelah itu terbaik pertama Kelompok Bina Keluarga Balita yakni dari kelompok Melodi Desa Sikalang Kecamatan Talawi,” ujarnya merinci.

Kemudian terbaik ketiga Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana serta percepatan penurunan stunting menuju keluarga berkualitas.

Dikatakan dia, capaian prestasi itu menjadi buah dari sinergi dengan BKKBN dan upaya kerja keras dari para kader serta dukungan jajaran perangkat daerah terkait sampai ke pemerintahan terdepan di desa dan kelurahan.

“Pemkot Sawahlunto terus berkomitmen mendukung, memfasilitasi dan mengawal pelaksanaan KB. Sudah berbagai program dan inovasi yang kita terapkan dalam menyukseskan KB ini,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB (Dinkesdalduk KB) Kota Sawahlunto Ranu Verra Mardianti menyebut ketiga penghargaan tersebut diserahkan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dan Kepala BKKBN Wilayah Sumbar Fatmawati dalam peringatan puncak Harganas Sumbar di Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Ini hasil monitoring dan evaluasi dari BKKBN pada kinerja Pemkot Sawahlunto dalam urusan penanganan peningkatan kualitas keluarga. Artinya ada apresiasi positif dari pemerintah pusat dan provinsi terhadap program yang dilaksanakan Pemkot selama ini,” katanya.