Jasa Raharja-Polri antisipasi lonjakan mudik Lebaran 2024

id Jasa Raharja

Jasa Raharja-Polri antisipasi lonjakan mudik Lebaran 2024

Jasa Raharja bersama Korlantas Polri menggelar survei jalur tol Jakarta-Surabaya dalam rangka kesiapan Jalur Mudik 2024. (Antara/HO-Humas Jasa Raharja).

Padang (ANTARA) - Jasa Raharja bersama Korlantas Polri menggelar survei jalur tol Jakarta-Surabaya dalam rangka kesiapan Jalur Mudik 2024. Tinjauan dilakukan Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Direktur Lalu Lintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani, dan sejumlah Pejabat dari jajaran Korlantas Polri, Jasa Raharja, dan sejumlah instansi lainnya.

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Rabu, mengatakan survei jalur tersebut sengaja dilaksanakan lebih awal oleh kepolisian bersama Jasa Raharja dan pihak terkait untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan pengamanan menjelang momen mudik lebaran. Sehingga rekomendasi yang diberikan dapat segera diimplementasikan dengan baik.

"Peningkatan pemudik dari 2024 diprediksi menjadi 200 juta, atau meningkat 6,9 persen dari tahun lalu. Ini fenomena yang harus kita hadapi dan harus menjadi perhatian kita semua di seluruh ruas jalan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono mengatakan lembaga yang dipimpinnya berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya pemerintah guna menyukseskan momen tahunan tersebut. Oleh karena itu, sinergi dan berbagai persiapan terus dilakukan sejak jauh hari.

"Kami dari Jasa Raharja tentu concern terkait dengan keselamatan. Pesan kami bagaimana kita sama-sama melayani masyarakat dengan cepat. Karena orientasinya, ketika kecelakaan tidak bisa dihindari, maka kita bersama-sama menurunkan fatalitas. Jadi, laporan polisinya. cepat, sehingga korban bisa ditangani dengan cepat di rumah sakit," ucap Rivan.

Dalam kesempatan itu, Rivan memberikan apresiasi kepada jajaran Korlantas Polri dan seluruh mitra kerja terkait atas inovasi, dedikasi, serta dukungan dalam percepatan pelayanan.

"Rekor 2023, fatalitas kecelakaan lalu lintas menurun karena kecepatan penanganan dan digitalisasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Ini tentu berkat kolaborasi dan kerja keras kita semua, termasuk para jajaran Dirlantas. Dan saat ini kami juga sudah bekerja sama dengan seluruh rumah sakit di bawah Kemenkes, sehingga Jasa Raharja betul-betul ingin mewujudkan bahwa negara hadir untuk masyarakat," ungkapnya.

Untuk diketahui, Korlantas Polri juga telah memetakan tempat-tempat mana saja serta cara bertindak yang akan dilakukan Polri dan stakeholder saat momen lebaran.

Pengaturan pada jalan tol, manajemen pengaturan rest area, imbauan kepada masyarakat untuk memastikan saldo e-money tidak kosong untuk mencegah adanya hambatan di exit tol, dan selalu update informasi melalui sosial media lantas setempat untuk mengetahui informasi kepadatan jalan dan jadwal rekayasa lalu lintas, dan pembatasan angkutan barang, terutama kendaraan sumbu tiga ke atas.

"Kemudian pengaturan jalur arteri, terutama saat pelaksanaan one way di jalan tol," paparnya.

Rombongan yang berangkat dari Gedung Korlantas Polri mengawali pengecekan jalur ke Pos PAM Cikopo dan mendengarkan paparan dari Dirlantas Polda Jawa Barat tentang kesiapan Operasi Ketupat 2024. Kemudian, melanjutkan pengecekan ke Pos PAM Kalikangkung wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

Di hari kedua, rombongan melanjutkan tinjauan menuju Rest Area Km 575 di Ngawi, dan Kantor Jasa Marga Exit Tol Satelit di Surabaya, Jawa Timur, sekaligus mendengarkan paparan kesiapan Operasi Ketupat 2024 dari Dirlantas Polda Jawa Timur.