Solok Selatan lakukan pembinaan 173 calon duta GenRe

id Bupati Solok Selatan Khairunas,duta GenRe solsel,Berita solsel,Berita sumbar

Solok Selatan lakukan pembinaan 173 calon duta GenRe

Bupati Solok Selatan Khairunas foto bersama dengan calon peserta duta GenRe Kabupaten itu usai membuka kegiatan pembekalan, di Padang Aro, Kamis. Antara/HO/Kominfo

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melakukan pembinaan terhadap 173 orang remaja yang menjadi calon peserta Duta Generasi Berencana (GenRe).

Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Kamis, mengatakan pemilihan duta GenRe sejalan dengan misi pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkarakter.

Pembinaan ketahanan remaja merupakan program yang dikembangkan untuk mempersiapkan kehidupan remaja agar mampu menjalani jenjang pendidikan yang terencana, berkarir, hingga menikah dengan penuh perencanaan," katanya.

Dia berharap dengan adanya program ini, generasi muda di Solok Selatan menjadi generasi yang berencana.

Pemilihan Duta GenRe katanya, bukan ajang unjuk gigi siapa yang paling cantik dan tampan, namun bagaimana para remaja bisa memberikan upaya yang konkret sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan edukasi kepada rekannya.

Peran yang diemban oleh duta GenRe katanya, tidak hanya menjadi perwakilan Solok Selatan di tingkat Provinsi Sumatera Barat saja. Lebih dari itu, para duta ini berkewajiban untuk membantu dalam pencegahan kenakalan remaja.

"Banyak masalah yang dialami remaja seperti pernikahan dini, seks bebas, dan penggunaan NAPZA dapat merusak masa depan dan menurunkan kualitas sumber daya manusia oleh sebab itu peran duta GenRe sangat dibutuhkan," tegasnya.

Dengan dilaksanakannya pembekalan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas peserta Calon duta GenRe supaya maksimal dalam seleksi dan bersaing di tingkat provinsi mewakili kabupaten.

Tahap seleksi Duta GenRe akan mulai dilaksanakan pada Maret 2024 mendatang. Untuk mempersiapkan itu diadakan pembekalan kepada para peserta untuk semakin mematangkan persiapan dalam memaksimalkan potensi dirinya untuk bersaing.

Narasumber pembekalan ini berasal dari BKKBN Sumatera Barat dan Duta GenRe Sumatera Barat.

Seleksi Duta GenRe 2024 ini diikuti oleh remaja berusia 16-23 tahun. Terdapat 173 orang dalam seleksi ini yang mewakili nagari dan sekolah di Solok Selatan.