Ekos Albar motivasi ASN 3 OPD terkait pelayanan publik

id OPD, Padang

Ekos Albar motivasi ASN 3 OPD terkait pelayanan publik

Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar motivasi OPD terkait pelayanan publik. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar menyampaikan beberapa pesan penting saat menjadi Pembina Apel Pagi di jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di DPMPTSP, Disdukcapil dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin.

Secara khusus Ekos Albar menyorot pelayanan publik yang dilakukan oleh DPMPTSP dan Dinas Dukcapil.

“DPMPTSP dan Disdukcapil ini adalah OPD yang bertanggung jawab memberikan pelayanan publik secara langsung. Wajah pelayanan publik Kota Padang ini, sebagian besarnya ada di 2 OPD ini, selain di kecamatan dan OPD lainnya. Oleh karena itu berikanlah pelayanan yang paripurna kepada warga Kota Padang. Apalagi Kepala Dinasnya sekarang adalah orang-orang yang berkualifikasi tinggi,” jelas Ekos Albar.

"Berikan kepastian perizinan kepada warga yang membutuhkan. Layani kebutuhan informasi warga terkait perizinan dengan seterang-terangnya. Sama halnya dengan kebutuhan warga kota terhadap dokumen kependudukan. Jangan ada yang luput, sehingga warga yang berdomisili di Padang terhambat dalam pemenuhan hak-haknya,” tambah Ekos Albar.

Terkhusus untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ekos Albar juga memberikan pandangannya terkait peran aktif yang bisa dilakukan untuk Pemerintah Kota Padang.

“Banyak yang beranggapan kalau Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini memiliki peran yang tidak krusial. Namun saya katakan bahwa itu sepenuhnya tidak tepat. Bapak Ibu yang berdinas di Dispursip ini, disadari atau tidak adalah penanggung jawab terhadap sejarah perjalanan Kota Padang, dari awal terbentuk hingga hari ini dan ke depannya,” urai Ekos Albar.

“Saya sarankan kepada Ibu Kadis Pursip dan jajarannya untuk menonton film Da Vinci Code. Untuk mendapatkan arti penting dari sebuah arsip dalam perjalanan sebuah bangsa, negara dan dalam skop yang lebih kecil, sebuah kota,” lanjut Ekos Albar lagi.

Terakhir Ekos Albar meminta kepada ASN di lingkup Pemerintah Kota Padang untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, 14 Februari mendatang.

"Dukung kelancaran pelaksanaan Pemilu, jaga netralitas, gunakan hak pilih dan sosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Karena satu suara menentukan kemajuan daerah, bangsa dan negara ini," pungkas Ekos Albar.

Hadir lengkap 3 kepala OPD dalam apel ini, Kepala Disdukcapil Teddy Antonius, Kepala DPMPTSP Swesti Fanloni dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Feri Mulyani.*