Polda Sumbar kerahkan 1.141 personel perkuat pengamanan Pemilu 2024

id Polda,Sumbar,Pemilu

Polda Sumbar kerahkan 1.141 personel perkuat pengamanan Pemilu 2024

Acara pelepasan personel Polda Sumbar yang dikerahkan ke berbagai Kepolisian Resor (Polres) di Sumbar untuk pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Padang. ANTARA/HO-PoldaSumbar

Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Sumbar) mengerahkan 1.141 personel ke belasan kabupaten atau kota di provinsi setempat untuk memperkuat pengamanan Pemilih Umum (Pemilu) 2024.

"Sebanyak 1.141 personel digeser ke belasan Polres yang ada di Sumbar dengan sistem BKO," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan di Padang, Rabu.

Ia mengatakan penggeseran personel itu dilakukan untuk memperkuat Kepolisian Resor (Polres) atau Kepolisian Resor Kota (Polresta).

Tujuan BKO tersebut yakni Polresta Padang, Polresta Bukittinggi, Polres Pesisir Selatan, Polres Agam, Polres Padang Pariaman, Polres Pariaman, Polres Pasaman Barat, Polres Pasaman, Polres 50 Kota, dan Polres Tanah Datar.

Kemudian Polres Solok, Polres Solok Selatan, Polres Sawahlunto, Polres Dharmasraya, Polres Sijunjung dan Polres Kepulauan Mentawai.

"Ada tiga Polres di Sumbar yang tidak mendapatkan penambahan personel dari Polda Sumbar karena dipandang jumlah personel di sana sudah mencukupi hingga tahap pemungutan suara," katanya.

Dwi menjelaskan salah satu yang menjadi fokus pengamanan pihaknya dalam waktu dekat adalah hari pemilihan atau pemungutan suara yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024.

Para personel Polda Sumbar yang digeser (BKO) akan melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan sebagian bersiaga di Kantor Polres maupun Kepolisian Sektor (Polsek).

Pada bagian lain, pihak Kepolisian tetap kembali mengajak seluruh masyarakat khususnya di Sumbar agar bersama-sama bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masa Pemilu 2024.