Bupati Rusma Yul Anwar tegaskan tiga sektor perioritas pembangunan di Pesisir Selatan

id Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar,berita pessel,berita sumbar

Bupati Rusma Yul Anwar tegaskan tiga sektor perioritas pembangunan di Pesisir Selatan

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat menghadiri Musrenbang Kecamatan di Lengayang (ANTARA/HO-Diskominfo Pessel)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar tegaskan, pihaknya bakal berkomitmen fokuskan pada tiga sektor untuk pembangunan Pessel.

Tiga sektor tersebut menurut Bupati, pembangunan sumber daya manusia (SDM), kesehatan dan kemajuan ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat menghadiri Musrenbang Kecamatan di Lengayang beberapa hari waktu lalu.

“Misi Pessel jelas bertumpu pada 3 hal saja, SDM, kesehatan masyarakat dan kemajuan ekonomi,” tentang Bupati.

Ia menjelaskan, pembangunan SDM dari sektor manusianya, tidak hanya fokus pada kasat mata. Namun, juga pada pada akhlaknya.

“Tak seperti kita bangun fisik, saat pekerjaan selesai, bangunan berdiri dengan megah atau jalan terbentang mulus,” jelasnya.

“Pintar saja tidaklah cukup, tetapi bagaimana nilai-nilai kehidupan, attitude menjadi pakaian anak-anak kita,” terangnya lagi.

Sejalan dengan itu, Pemkab Pessel juga fokus pada perbaikan pelayanan kesehatan.

“Bahwa kualitas pelayan kesehatan juga menjadi fokus Pemda, orang sakit siapapun dia wajib dilayani, tak ada perbedaan apapun,” jelasnya.

Lanjutnya, terkait dengan pertumbuhan ekonomi, Bupati dan jajaran juga terus berupaya agar peningkatan pendapatan masyarakat terus meningkat.

“Indikatornya pertumbuhan ekonomi yang grafiknya naik, walau kita masih merasakan dampak berat Covid-19, pelan tapi pasti geliat ekonomi tumbuh,” tegasnya.

Hal lain rangkaian Musrenbang 2024 dimaksudkan untuk menampung aspirasi bagi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2025. Telah berlangsung hampir sepekan.

Menurut Kepala Bapedalitbang, Hadi Susilo, agenda Musrenbang kecamatan menjadi agenda rutin bagi menampung aspirasi, usulan yang sebelumnya sudah ditampung dari nagari-nagari.

“Setelah Musrenbang kecamatan selesai akan dilanjutkan dengan Musrenbang kabupaten dan berjenjang sampai nasional,” ujarnya.