Nama gubernur Sumbar dicatut untuk penipuan dana hibah

id Gubernur

Nama gubernur Sumbar dicatut untuk penipuan dana hibah

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat(Sumbar), Mahyeldi meminta masyarakat untuk waspada terhadap modus penipuan terkait penyaluran dana hibah yang mengatasnamakan dirinya.

"Informasi yang saya terima, ada modus penipuan terkait penyaluran dana hibah yang mencatut nama gubernur melalui nomor 0895397336050. Ini adalah penipuan," katanya di Padang, Senin. Sumbar.

Ia menyebut modus penipuan tersebut adalah pelaku mengaku sebagai Gubernur Sumbar, lalu menyampaikan kepada korban terkait penyaluran dana hibah dan meminta nomor rekening korban.

Beberapa saat kemudian, pelaku mengirim bukti transfer palsu senilai Rp10 juta. Lalu, pelaku meminta ditransfer ulang ke rekening tertentu senilai Rp5 juta, dengan dalih untuk membantu pihak lainnya.

"Saya secara pribadi maupun sebagai Gubernur Sumbar tidak pernah menghubungi langsung pihak-pihak untuk menyampaikan dana hibah," ujarnya.

Sementara itu Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sumbar, Mursalim mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Diskominfo dan pihak Kepolisian untuk mengejar pelaku.

"Kita berharap pelaku bisa segera ditangkap karena sudah meresahkan," katanya.

Ia menyebut sebelumnya pada awal 2023, juga ada pelaku yang mencatut nama Gubernur Sumbar untuk melakukan aksi penipuan. Modusnya relatif mirip.

Ia mengimbau masyarakat mengabaikan pesan-pesan WA atau pesan melalui media sosial yang mengatasnamakan dirinya sebagai Gubernur Sumbar yang menyampaikan ada bantuan dana hibah.

"Jangan mudah percaya. Jika ada bantuan hibah atau bantuan lain, biasanya akan diurus oleh OPD terkait. Tidak pernah langsung oleh gubernur," katanya.*