Mahasiswa Baru Unbrah Mulai Laksanakan Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025 Usai Hasimaru

id Unbrah

Mahasiswa Baru Unbrah Mulai Laksanakan Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025 Usai Hasimaru

Unbrah siap memulai tahun ajaran 2024/2025. (ANTARA/HO-Unbrah)

Padang (ANTARA) - Mahasiswa Baru Universitas Baiturrahmah (Unbrah) mulai melaksanakan Kegiatan Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025 Semester Ganjil pada Senin 9 September 2024 usai menyelesaikan Kegiatan orientasi Hari Silaturahmi Mahasiswa baru yang dihelat pada 25 Agustus hingga 7 September 2024.

"Seperti biasa usai Hasimaru, mahasiswa kemudian melakukan kuliah perkenalan semester ganjil dan mengikuti kajian dhuha setiap Sabtu mulai pekan ini, " ujar Kepala Biro Humas dan Kerjasama Unbrah Dr. drg. Yulia Rahmad, M.Kes, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan pelaksanaan Kuliah ini dilaksanakan sesuai jadwal akademik yang telah disusun setiap tahunnya dan telah disesuaikan dengan jadwal beberapa kampus negeri di Sumbar.

Kegiatan kuliah ini dipusatkan di Gedung I atau biasa disebut gedung bertingkat Unbrah dengan menggunakan lebih dari 22 lokal setiap harinya dan puluhan ruang tutor untuk lima fakultas dan 10 program studi.

Khusus untuk tahun ajaran baru ini sebut Yulia mahasiswa akan diarahkan untuk shalat di Masjid Baiturrahmah setiap waktu Dhuhur dan Ashar.

"Hal ini telah dilatih selama ESQ dan Orientasi Pengenalan Kampus saat Hasimaru, " kata Yulia.

Pelaksanaan Kajian Dhuha, shalat berjamaah hingga kegiatan berdoa sebelum kuliah menurutnya menjadi salah satu visi dari Unbrah yakni menciptakan lulusan berdaya saing namun berakhlakul karimah.

"Tahun ini kami juga menerima mahasiswa asing dari Vietnam, dua telah kuliah tahun lalu dan satu tahun ini masuk ke Kedokteran, " sebutnya.

Ketiga mahasiswa Vietnam itu, dua orang di Fakultas Ilmu Kesehatan dan satu orang di Fakultas Kedokteran mendapat beasiswa kuliah di Unbrah hingga tamat dan menjadi dokter.

Ke depan, kata dia akan ada mahasiswa asing lain seperti dari Palestina, Timor Leste dan Kamboja.

Mahasiswa baru Unbrah tahun ajaran 2024/2025. (ANTARA/HO-Unbrah)


" Kami telah menjajaki dan menandatangani MoU dengan beberapa kampus luar, hal ini akan memudahkan kedatangan mahasiswa lain di Unbrah, " ujar Yulia.

Dia menambahkan selain mahasiswa asing, pada mahasiwa baru 2024, Unbrah juga masih memberikan beasiswa KIP kepada 50 orang mahasiswa termasuk yang masuk ke Prodi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Farmasi Klinis.

Ke depan juga pihaknya akan bekerjasama dengan beragam Mitra untuk memberikan beasiswa lainnya seperti Maybank dan Baznas yang juga telah dilaksanakan tahun sebelumnya.

Sementara itu sebelumnya Kepala LLDikti X Afdhalisma mengatakan Unbrah memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan di dunia pendidikan tinggi.

Menurutnya selain memiliki yayasan yang selalu mendukung setiap visi dan misi kampus, Unbrah juga memiliki beragam inovasi yang dapat menjadi percontohan untuk kampus lainnya.*