Pemprov Sumbar koordinasikan langkah tangani erupsi Gunung Marapi

id Gunung Marapi,gubernur sumbar,bpbd sumbar,posko erupsi merapi,pvmbg,tanggap darurat merapi,pemprov sumbar,pemkab agam,pe

Pemprov Sumbar koordinasikan langkah tangani erupsi Gunung Marapi

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Sarilamak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) berkoordinasi dengan semua pihak terkait langkah-langkah penanganan dampak erupsi Gunung Marapi yang telah naik ke Level III Siaga sejak 9 Januari 2024.

"Tadi malam saya menerima surat BPBD Sumbar terkait kondisi Gunung Marapi yang sebelumnya Level II Waspada menjadi Level III Siaga. Kami langsung koordinasikan langkah antisipasi dampak yang mungkin ditimbulkan," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Sarilamak, Rabu, usai menyalurkan bantuan beras bagi korban bencana banjir pada 10 kecamatan di Limapuluh Kota.

Menurut Mahyeldi, saat ini pemerintah daerah (pemda) yang berada di sekitar Gunung Marapi sudah memberikan imbauan kepada masyarakat, terutama yang berada pada radius 4,5 kilometer dari puncak gunung untuk waspada.

Ia menilai langkah yang diambil oleh pada kepala daerah itu sudah tepat untuk meminimalisasi potensi jatuhnya korban jiwa atau luka-luka jika letusan besar terjadi.

"Kita tidak bisa memprediksi apakah letusan akan terjadi atau tidak. Namun karena sekarang levelnya sudah Siaga, maka langkah-langkah antisipasi harus segera diambil. Apa yang dilakukan oleh kepala daerah, seperti Kabupaten Agam dan Tanah Datar, patut diapresiasi," kata Gubernur Mahyeldi.

Pihaknya juga sudah memerintahkan Kepala BPBD Sumbar untuk langsung meninjau beberapa posko yang didirikan di daerah sekitar kaki dan pinggang Gunung Marapi.

"Setelah dari menyalurkan bantuan di Limapuluh Kota, kami langsung menuju posko tanggap bencana Gunung Marapi. Kami akan koordinasikan di lapangan untuk melihat apa yang bisa dibantu oleh provinsi," ujar Gubernur Mahyeldi.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Rudy Rinaldy menyebut pihaknya bersama Danrem 032/WB telah berada di posko tanggap bencana letusan Gunung Marapi di Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan semua pihak di lokasi, termasuk dengan Pemkab Agam, untuk mengambil langkah antisipasi jika letusan terjadi.

Ketua Tim Tanggap Darurat Erupsi Gunung Marapi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) Kristianto menyebut ancaman bahaya Gunung Marapi setelah statusnya naik ke level Siaga, diantaranya lontaran material pijar.

Selain itu ancaman aliran lahar juga harus diwaspadai, terutama sungai yang berhulu di Gunung Marapi, karena saat ini tengah musim penghujan. Sejak erupsi Gunung Marapi 3 Desember 2023 lalu, diperkirakan terjadi penumpukan material di hulu sungai yang berpotensi lepas menjadi banjir lahar dingin.

Sebelumnya PVMBG melaporkan status Gunung Marapi naik dari Level II Waspada menjadi Level III Siaga terhitung 9 Januari 2024 pukul 18.00 WIB.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernus Sumbar koordinasi langkah mitigasi erupsi Gunung Marapi