Tim BRIN beraudensi dengan Komisi IV DPRD Sumbar

id DPRD Sumbar

Tim BRIN beraudensi dengan Komisi IV DPRD Sumbar

DPRD Sumbar menerima kunjungan tim dari BRIN. (Antara/HO-Humas DPRD Sumbar).

Padang (ANTARA) - Tim dari Badan Riset Nasional (BRIN) melakukan audiensi dengan Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat terkait dengan Pembentukan Badan Riset Daerah (BRIDA).

"Perubahan SOTK ini akan berdampak besar dengan adanya peleburan dan penggabungan beberapa OPD menjadi satu dalam rangka prinsip tepat fungsi dan tepat ukuran berdasarkan beban kerja yang sesuai dengan kondisi nyata di daerah," kata anggota komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat Nurfirmawansyah di Padang, Kamis.

Nurfirmanwansyah mengatakan

DPRD Sumbar baru saja melaksanakan rapat paripurna tentang penetapan pembentukan pansus tim pembahasan perubahan ketiga atas Peraturan Daerah Nomor 8 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Sumbar.

"Tentunya pandangan dan saran dari BRIN diharapkan menjadi masukan berharga bagi pansus pembahasan perubahan SOTK Pemprov Sumbar saat ini," katanya.

Ancha, sapaan akrabnya, mengatakan saat ini usulan perubahan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pemprov Sumbar akan bergabung dengan Bappeda dengan nomenklatur Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperinda) bagian setara eselon III.

"Dari dialog singkat bersama BRIN mengharapkan Balitbang saat ini menjadi BRINDA dengan alasan memudahkan koordinasi kegiatan antara pemerintah pusat dan daerah nantinya," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi daerah Oetami Dewi mengatakan keluarnya Perpres Nomor 78 Tahun 2021 mengisyaratkan tidak adalagi Litbang di daerah dan diganti menjadi BRIDA dengan kedudukan eselon II A tingkat Provinsi dan eselon II B di pemkab/kota

"Secara tugas pokok dan Fungsinya BRIDA tidak mesti hanya melakukan Riset namun bagaimana mensinergikan dan mengoordinasikan Riset-riset yang telah dilakukan oleh pihak-pihak lain apakah itu swasta, Kampus maupun para Peneliti," kata Oetami Dewi.

Oetami Dewi mengatakan dengan adanya BRIDA di provinsi yang bisa melakukan pembinaan kepada BRIDA ke tingkat kabupaten kota akan menjadi peluang besar dalam meningkatkan keunggulan suatu daerah.