Sekda Mawardi Roska pimpin Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023

id Sekda Mawardi Roska,berita pessel,berita sumbar,Mawardi Roska

Sekda Mawardi Roska pimpin Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023

Sekda Mawardi Roska pimpin Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023 (ANTARA/HO-Humas Pemkab Pessel)

Painan (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan Mawardi Roska pimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 di Pondok Pesantren Iqra Barung-barung Belantai, Minggu (22/10).

Hari santri Nasional tahun 2023 dengan tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’ dihadiri oleh Kepala Kankemenag Pesisir Selatan Abrar Munanda, Pimpinan Pondok Pesantren Sekabupaten Pesisir Selatan, Pimpinan Bank Nagari Painan dan Forkopimca Kecamatan Tarusan.

Dalam sambutannya, Mawardi Roska mengatakan maksud tujuan dari tema hari santri ini adalah bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak.

"Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara," katanya.

Mawardi Roska menyebut, bahwa di zaman yang penuh tantangan ini, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.

"Dengan demikian bisa mewujudkan pesantren yang lebih baik lagi bukan hanya di bidang agama namun di segala bidang dan ketika negara memanggil harus siap memberikan kontribusi,” ungkapnya

Mawardi Roska mengajak kepada para santri untuk mengamalkan jihad santri di dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, perjuangan kita sekarang bukanlah dengan fisik, melainkan berjuang dengan memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan dan semua bentuk ketidaksetaraan.

”Semoga hari santri kali ini menjadi titik awal bagi kita untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi agama, negeri dan bangsa,"tutupnya.