MGMP Sosiologi sampaikan aspirasi ke DPRD Sumbar

id Mgmp sosiologi

MGMP Sosiologi sampaikan aspirasi ke DPRD Sumbar

(Ilustrasi) para siswa mengikuti Olimpiade Cerdas Sosiologi Indonesia (OCSI) tahun 2023 di Padang, Rabu, (17/5). ANTARA/HO-MGMP Sosiologi Sumbar).

Padang (ANTARA) - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi menyampaikan sejumlah aspirasi ke DPRD Sumatera Barat (Sumbar) dengan harapan dapat ditindaklanjuti anggota dewan tingkat provinsi tersebut.

"Kami berharap ada bimtek untuk guru Sosiologi yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Selama ini kami merasa mata pelajaran sosiologi kurang diperhatikan dibandingkan mata pelajaran lain," kata Ketua MGMP Sosiologi Sumbar Insanul Ikhwan di Padang, Rabu.

Selain itu, ia mengatakan selama ini mata pelajaran sosiologi belum pernah masuk olimpiade sains nasional (OSN). Meskipun demikian, MGMP Sumbar pernah meraih rekor dalam program Olimpiade Cerdas Sosiologi Indonesia (OCSI).

Lebih lanjut, kata dia, dari dua kali pelaksanaan OCSI yakni pada 2022 dan 2023, minat peserta mengikuti olimpiade tersebut semakin tinggi, tidak hanya dari Sumbar melainkan juga ada yang datang dari sejumlah provinsi lain di Indonesia.

Insanul berharap program OCSI yang telah dirintis MGMP Sumbar tersebut dapat menjadi salah satu program pemerintah.

"Kami sangat berharap program OCSI yang sudah kami rintis sejak dua tahun lalu ini bisa menjadi program pemerintah, khususnya pemerintah provinsi," tambahnya.

Secara umum, kedatangan MGMP Sosiologi tersebut di antaranya terdiri dari Ketua MGPG Sumbar Insanul ikhwan, Ketua MGPG Kota Padang Masrizal serta ikut bersama mereka yakni para pengurus MGPG Sumbar dan Kota Padang. Kedatangan mereka diterima Wakil Ketua Bapemperda DPRD Sumbar Afrizal.

Sekaitan dengan permohonan MGMP Sosiologi tersebut, Afrizal berjanji akan mengakomodasikan aspirasi itu, salah satunya diupayakan melalui dana pokok-pokok pikiran anggota dewan.

"Saya akan berusaha untuk bisa mengakomodasi semua aspirasi yang disampaikan, paling tidak bisa diupayakan dengan dana pokir. Sehingga baik bimtek dan OCSI bisa dilaksanakan secara berkelanjutan," jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan akan membahas aspirasi tersebut saat rapat bersama Pemerintah Provinsi Sumbar untuk mengupayakan OCSI dapat dijadikan program tahunan untuk meningkatkan mutu dan minat terhadap mata pelajaran sosiologi.