Itwasda Polda Sumbar gelar Audit Kinerja Polresta Bukittinggi

id Itwasda Polda Sumbar,Berita sumbar,Berita bukittinggi

Itwasda Polda Sumbar gelar Audit Kinerja Polresta Bukittinggi

Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Sumatera Barat menggelar audit kerja di Polresta Bukittinggi (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Itwasda (Inspektorat Pengawasan Daerah) Polda Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan audit kinerja di Polresta Bukittinggi, Rabu. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai sejauh mana kinerja kepolisian daerah dalam menjalankan tugas serta memberikan kontribusi bagi peningkatan aspek kerja yang efektif, efisien, dan ekonomis dalam organisasi.

Audit kinerja tersebut dipimpin oleh Irwasda Polda Sumbar, Kombes Pol Arif Rahman Hakim yang dalam sambutannya menjelaskan bahwa audit kinerja merupakan salah satu alat kontrol yang penting dalam menilai pencapaian tujuan fungsi atau kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi.

"Melalui audit kinerja, kita dapat mengevaluasi apakah segala kegiatan yang dilakukan oleh Polresta Bukittinggi berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan, apakah sudah mencapai tujuan yang diharapkan, dan apakah telah memberi kontribusi positif bagi peningkatan kinerja Polresta Bukittinggi secara keseluruhan," ujar Kombes Pol Arif.

Selama pelaksanaan audit kinerja, tim Itwasda Polda Sumbar akan melakukan penilaian yang komprehensif terhadap berbagai aspek kerja di Polresta Bukittinggi. Mulai dari penilaian terhadap sistem manajemen kepolisian, sistem pencegahan dan penanganan tindak pidana, sistem pengawasan internal, hingga penilaian terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Polresta Bukittinggi.

"Setelah pelaksanaan audit, akan dilakukan analisis terhadap temuan-temuan yang ditemukan. Dari hasil analisis tersebut, akan ditentukan langkah-langkah perbaikan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja Polresta Bukittinggi," kata dia.

"Kami berharap bahwa hasil audit ini menjadi acuan bagi Polresta dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat serta menjalankan tugas-tugas kepolisian dengan lebih baik lagi," katanya menambahkan.

Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati mengatakan hasil audit kinerja ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi Polresta Bukittinggi dalam memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

"Sehingga organisasi tersebut dapat beroperasi dengan lebih efektif dan efisien. Audit ini juga diharapkan dapat memperkuat citra positif kepolisian di mata masyarakat, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Bukittinggi," kata Yessi.

Nantinya, hasil audit kinerja ini akan disampaikan kepada Kapolresta Bukittinggi dan jajaran di Polresta Bukittinggi.

"Diharapkan, semua pihak dapat bekerja sama untuk menerapkan perbaikan yang diperlukan guna membawa perubahan positif dalam pelayanan kepolisian dan keamanan di wilayah Bukittinggi," pungkasnya.