Sapta Nirwandar: RI punya potensi besar sebagai industri halal dunia

id Wies 2023, world islamic entrepreneur summit, sapta Nirwandar, industri halal dunia,padang

Sapta Nirwandar: RI punya potensi besar sebagai industri halal dunia

Chairman of Indonesia Halal Lifestyle Center and Indonesia Tourism Forum Prof Sapta Nirwandar saat diwawancarai di Padang, Sumbar, Kamis, (7/9/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Chairman of Indonesia Halal Lifestyle Center and Indonesia Tourism Forum Prof Sapta Nirwandar mengatakan Indonesia mempunyai potensi yang besar sebagai pusat industri halal dunia.

"Dalam tataran global penting bagi Indonesia untuk hadir di sektor industri halal, kata Sapta Nirwandar di Padang, Sumbar, Kamis.

Hal tersebut disampaikannya di sela-sela kegiatan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 yang diselenggarakan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Selain jumlah penduduk, mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Bersatu II tersebut mengatakan pendapatan negara-negara muslim dunia termasuk Indonesia, juga menjadi modal besar untuk terus mengembangkan industri halal.

"Artinya, potensi pasar negara-negara muslim ini sangat besar dan itu harus dimanfaatkan oleh Indonesia sebagai pusat industri halal dunia," jelas dia.

Bahkan, berbagai produk yang dihasilkan Indonesia tidak hanya diminati oleh negara-negara muslim namun juga negara yang mayoritas penduduknya nonmuslim. Apalagi, saat ini cukup banyak pengusaha-pengusaha besar di dunia maju karena industri halal.

Oleh karena itu, diselenggarakannya WIES yang merupakan forum atau wadah tempat berkumpulnya para pelaku usaha muslim skala nasional maupun internasional, menjadi peluang bagi Sumbar dan Indonesia secara umum untuk mengembangkan industri halal berskala global.

"WIES ini juga akan mendorong kemajuan pengusaha yang berbasis usaha mikro kecil dan menengah," katanya.

Khusus di Sumbar, eks Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut menilai Ranah Minang mempunyai dua potensi besar untuk menjangkau pasar internasional yakni industri dan pariwisata halal.

Dalam halal tourism atau wisata halal yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta mengatakan terdapat istilah yang disebut tadabbur alam yang meliputi alam, budaya, hingga kuliner. Gagasan tersebut harus dimanfaatkan dengan baik oleh Sumbar apabila serius menjadikan provinsi itu sebagai destinasi wisata halal dunia.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan WIES 2023 merupakan momentum bagi provinsi tersebut untuk menjadikan Sumbar itu sebagai salah satu destinasi wisata halal dunia.

"Dengan hadirnya beberapa negara di WIES ini, kita akan saling berbagi pengalaman terutama dalam mengembangkan wisata halal di Sumbar," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sapta Nirwandar: RI punya potensi besar sebagai industri halal dunia