Kejati Sumbar bantu anak berkebutuhan khusus di SLB Pasaman Barat

id Kejaksaan kunjungi SLB, Kejati Sumbar, anak berkebutuhan khusus

Kejati Sumbar bantu anak berkebutuhan khusus di SLB Pasaman Barat

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Asnawi bersama jajaran Kejari Pasaman Barat saat menyerahkan bantuan biaya pendidikan dan makanan tambahan di SLB Negeri Sungai Aur Pasaman Barat, Selasa (29/8/2022). ANTARA/Altas Maulana

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat melakukan bhakti sosial dengan mengunjungi dan menyerahkan bantuan makanan tambahan dan biaya pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat, Selasa.

"Hari ini kita melakukan kunjungan ke sekolah SLB negeri satu-satunya di Pasaman Barat. Anak-anak ini perlu perhatian khusus dari kita semua," kata Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Asnawi didampingi Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat Muhammad Yusuf Putra di Sungai Aur Pasaman Barat, Selasa.

Menurutnya dari tinjauan di SLB N Sungai Aur masih banyak kekurangan dan butuh perhatian dari semua pihak.

Apalagi, siswa di SLB, katanya memang anak yang perlu diperhatikan khusus sehingga nanti mereka bisa mempunyai kemampuan dan keahlian jika sudah tamat sekolah nanti.

"Masih banyak kekurangan sarana prasarana di sekolah ini. Mereka butuh mesin jahit, alat tata boga, peralatan sablon dan lainnya," katanya.

Untuk itu, ia berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumbar dapat memperhatikan SLB Negeri Sungai Aur dengan melengkapi fasilitas yang ada.

Kajati menekankan pentingnya memberikan pelatihan keahlian bagi siswa SLB sehingga ketika tamat nanti bisa memiliki keahlian atau pekerjaan untuk menghidupi dirinya sendiri.

"Kita berharap mereka jika sudah tamat nanti memiliki kemampuan dan keahlian. Untuk itu butuh perhatian kita semua terhadap mereka," katanya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat Muhammad Yusuf Putra mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kajati Sumbar ke Pasaman Barat.

"Arahan pak Kajati menjadi motivasi bagi kita semua bagaimana upaya memperhatikan anak berkebutuhan khusus di Pasaman Barat ini," katanya.

Pada kunjungan Kajati Sumbar itu juga didampingi sejumlah pejabat dari Kejati Sumbar, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Sumbar Ny. Yuliana Asnawi, Ketua IAD Pasaman Barat Riri Muhammad Yusuf Putra

Selain memberikan semangat bagi siswa juga menyalurkan sekitar 50 dus atau paket makanan tambahan dan Rp10 juta dana bantuan pendidikan.

Kepala Sekolah SLB N Sungai Aur Kepsek SLB N 1 Sungai Aur Rina Widiasari mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan oleh Kejati Sumbar dan jajaran.

"Jumlah murid kami ada sekitar 54 orang mulai dari SD, SMP dan SLTA. Siswa yang ada mulai dari tuna netra, tuna rungu, tuna raksa," katanya.

Pihaknya dalam mendidik memfokuskan keterampilan seperti menjahit, tata boga dan olah raga sehingga siswa SLB memiliki keahlian nantinya.

"Sekolah ini merupakan satu-satunya SLB negeri di Pasaman Barat yang berdiri sejak 2007 lalu. Namun hingga saat ini masih kekurangan fasilitas penunjang proses belajar mengajar," katanya.