Wanda Leksmana, diusia muda terima penghargaan tokoh peduli anak dari Gubernur Sumbar

id Wanda Lesmana, tokoh peduli anak, penghargaan gubernur

Wanda Leksmana, diusia muda terima penghargaan tokoh peduli anak dari Gubernur Sumbar

Wanda Leksmana, S.H.,M.H menerima penghargaan tokoh peduli anak tingkat provinsi, serahkan oleh Wagub Audy Joinaldy. (ANTARA/Doc.Pribadi)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Sumatera Barat memberikan penghargaan kepada instansi dan tokoh yang telah berjasa dan memiliki dedikasi tinggi dalam bidang perlindungan anak di Sumbar salah satunya diraih anak muda Wanda Lesmana, SH.,M.H.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, didampingi Kepala Dinas Sumatera Barat dan Ketua PKK Sumbar pada momentum peringatan 17 Agustus 2023 bertempat di Istana Gubernur Sumatera Barat.

Wanda Leksmana menyampaikan, syukur dan terima kasih atas apresiasi kepada pemerintah provinsi yang telah beri penghargaan sebagai tokoh Peduli Anak Sumatera Barat 2023, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun.

"Diusia saya yang masih cukup muda, namun telah mendapatkan penghargaan sebagai tokoh peduli anak, tentunya penghargaan ini menjadi motivasi untuk memperkuat konsistensi dalam bidang perlindungan anak di Sumatera Barat,"ujarnya.

Ia menganggap penghargaan adalah bentuk bonus dalam perjuangan yang konsisten selama ini, bukan menjadi tujuan utama.

Mengingat masih banyak tantangan dunia perlindungan anak yang harus diselesaikan dengan semangat

kolaborasi semua pihak. "Penghargaan ini saya dedikasikan untuk anak-anak dan para aktivis perlindungan anak di Sumatera Barat,"ucapnya.

Sekadar informasi Wanda Leksmana anak muda kelahiran 1994 ini telah memulai perjuangannya di bidang perlindungan anak sejak masih kelas 1 SMP pada 2006 dan konsisten sampai saat ini.

Telah banyak penghargaan dan legacy program perlindungan anak ditorehkan hingga meniadi pembicara nasional dan internasional.

Penghargaan terakhir yang diterima Kak Wanda, sapaannya saat berkegiatan perlindungan anak adalah penerima Pin Emas dari Wali Kota Padang pada 2021 dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Padang Ke-352, diberikan kepada 10 tokoh dan Kak Wanda penerima Pin Emas termuda sebagai Tokoh Pemerhati Pemenuhan Hak-Hak Anak.

Pertengah 2023 ini, kak wanda juga sebagai nominasi 3 tokoh nasional inspiratif peduli anak dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

Kak wanda telah melakukan advokasi

kebijakan perlindungan anak kepada pemerintah daerah se-Sumatera Barat untuk mewujudkan kabupaten kota layak anak, membantu banyak daerah membuat regulasi daerah terkait perlindungan anak.

Kemudian mendampingi organisasi anak-forum anak daerah, melakukan program pembinaan satuan pendidikan ramah di daerah, pelaksanaan program rumah ibadah ramah anak melalui masjid ramah anak.

Ia juga sebagai inisiator program wali kota padang cilik, dan program penguatan kapasitas SDM perlindungan anak di daerah melalui pelatihan Konvensi Hak Anak ke daerah- daerah termasuk ke desa-desa di Kepulauan Mentawai dan lain-lain.

Dihadapan tamu undangan yang hadir, Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur kepada 10 instansi dan tokoh, yakni Ketua Pengadilan Tinggi, Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Padang, Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Bukittinggi, Kepala LPKA Kelas I B Tanjung Pati, Bupati Agam, Bupati Pesisir Selatan, Wali Kota Pariaman, UPPA Polda Sumbar, dan Wanda Leksmana, S.H., M.H.