Penyerahan dana bantuan hibah kepada dosen peneliti Universitas Muhammadiyah

id peneliti Universitas Muhammadiyah

Penyerahan dana bantuan hibah kepada dosen peneliti Universitas Muhammadiyah

Penyerahan dana bantuan hibah kepada dosen peneliti Universitas Muhammadiyah

Padang (ANTARA) - 26 dosen peniliti Universitas Muhammadiyah terima dana hibah internal

26 dosen peneliti terima dana hibah akselerasi program studi unggul menerima dana hibah internal untuk akselerasi program studi Universitas Mumahammadiyah (UM) Sumatera Barat.

Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Dr Dedi Satria di Padang,Kamis mengucapkan selamat kepada dosen peneliti yang proposalnya dinyatakan lulus sebagai penerima dana hibah.

Dirinya berharap dana hibah itu dapat mempercepat akreditasi program studi unggul di lingkungan UM Sumatera Barat.

Ia mengayakan saat ini prodi yang sudah memiliki Akreditasi Unggul adalah Pasca Sarjana.

“Salah satu faktor keberhasilan dalam akselerasi tersebut adalah tingginya jumlah iuaran hasil penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM),” kata dia.

Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM Fadhil Meiseptia Sumatera Barat menyatakan penerima dana hibah terbagi kepada tiga kategori yaitu Skim Penelitian Dasar Pemula (PDP) yang diterima oleh 12 orang.

Skim Kompetensi Doktor yang diterima oleh dua orang dan Skim PKM yang diterima oleh 12 orang.

Adapun jumlah dana yang disalurkan sebanyak Rp174 juta yang terdiri dari Skim PDP sebanyak Rp73,5 juta, Skim Kompetensi Doktor sebanyak Rp17 juta dan Skim PKM sebanyak Rp74 juta.

Selain itu ditambahkan bahwa para penerima telah melalui serangkaian seleksi administrasi sekaligus seleksi substansi yang dilakukan para reviewer.

Menurut dia dengan penandatanganan kontrak tersebut, dosen peneliti berhak menerima 70 persen dana hibah untuk memulai kegiatan penelitian dan PKM.

“Sisanya akan dilunaskan setelah penyerahan laporan kegiatan. Rentang waktu kegiatan ini dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga Desember 2023,” katanya

Salah seorang disen penerima manfaat dana hibah Efri Yoni Baikoeni menyampaikan apresiasinya kepada pihak universitas yang telah menfasilitasi kegiatan penelitian dan PKM.

Dosen peneliti dengan judul penelitian “Mengeksplorasi Penggunaan Flashcard dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Inklusi SDIT Al Azhar Darul Jannah Bukittinggi” itu menyataka bantuan hibah dirasakan sangat membantu melaksanakan sekaligus mendorong dosen berinovasi.

“Pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata dia