Geopark Equator Pasaman tampilkan peserta terbaik di Jambore Nasional Sawahlunto

id Tim Geopark Equator Pasaman,Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS

Geopark Equator Pasaman tampilkan peserta terbaik di Jambore Nasional Sawahlunto

Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS yang hadir langsung di Kota Sawahlunto, Jumat.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Tim Geopark Equator Pasaman menunjukkan prestasi yang gemilang dalam Jambore Nasional Geopark Ranah Minang yang diadakan di kawasan Geopark Nasional Sawahlunto, Jum'at.

Acara yang mengusung tema 'Alam Takambang Jadi Guru Geopark Ranah Minang I Love You' ini merupakan event Geopark pertama yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat yang sukses digelar mulai dari tanggal 26-28 Juli 2023.

"Partisipasi Geopark Equator Pasaman yang sangat baik. Kita berhasil menyertai acara dengan penuh semangat dan antusiasme, memperlihatkan potensi geopark di wilayah Pasaman," ujar Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS yang hadir langsung di Kota Sawahlunto.

Tak hanya itu, kata Sabar AS salah satu anggota Badan Pengelola Geopark Equator Pasaman, M. Dandi Saputra, mampu menunjukkan keunggulan dan menjadi peserta terbaik dalam berbagai kegiatan yang diadakan.

"Ini membuktikan kompetensi dan dedikasinya dalam memajukan Geopark Equator Pasaman. Prestasi Geopark Equator Pasaman ini juga mendapatkan perhatian dari berbagai pihak, termasuk Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy," tambah Sabar AS yang juga General Manager Geopark Equator Pasaman.

Beliau menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas pencapaian Geopark Equator Pasaman dalam Jambore Nasional Geopark Ranah Minang.

"Selain itu, Wakil Gubernur juga menyampaikan harapannya agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan di Kabupaten Pasaman. Beliau mengusulkan nama kegiatan tersebut menjadi 'Jambore Astronomy digaris Khatulistiwa Equator Pasaman. Dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan potensi astronomi dan keunikan wilayah Pasaman," katanya.

Ia mengatakan Jambore Ranah Minang ini diharapkan dapat menjadi ajang kolaborasi dan sinergi antara kawasan geopark di Sumatera Barat dan badan pengelola geopark di Indonesia secara keseluruhan.

"Dengan dukungan dari berbagai kegiatan seperti peninjauan geo exhibition, geo green campaign, geo tangkas, geo dialog, geo bimtek, dan geo tracking, diharapkan geopark-geopark di Indonesia semakin dikenal dan dilestarikan. Kehadiran Geopark Equator Pasaman dan keberhasilan M Dandi Saputra sebagai Peserta terbaik telah memberikan kontribusi positif pada Jambore Nasional Geopark Ranah Minang," katanya.

ia juga menyampaikan pengembangan sektor pariwisata memang menjadi salah satu prioritas daerah.

Hal tersebut didukung lokasi Pasaman yang berada tepat di garis khatulistiwa, dengan segala potensi alam, geologi, budaya, hingga sejarah.

“Dengan potensi tersebut sehingga kami akan kembangkan sebagai pariwisata berkelanjutan melalui Badan Pengelola Geopark Equator Pasaman,” katanya.

Terakhir ia mengapresiasi kerja keras seluruh Tim Geopark Equator Pasaman yang sudah bekerja keras selama tiga hari ini hingga sukses menjadi peserta terbaik.