Pemkot Padang perbaiki 15 titik drainase cegah banjir

id Pemkot Padang,Sumbar,Padang

Pemkot Padang perbaiki 15 titik drainase cegah banjir

Perbaikan salah satu drainase di Kota Padang dalam mencegah terjadinya banjir (ANTARA/ HO Diskominfo Padang)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan perbaikan 15 titik drainase untuk mencegah terjadinya banjir di kota setempat.

Kepala Dinas PUPR Kota Padang Tri Hadiyanto di Padang, Rabu, mengatakan perbaikan drainase di 15 titik ini membutuhkan anggaran sekitar Rp9,5 miliar.

Ia mengatakan pihaknya terus melakukan pemeliharaan, rehabilitasi dan pembangunan infrastruktur yang ada di kota berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa tersebut.

Menurut dia, perbaikan drainase ini bertujuan dalam menanggulangi banjir dan genangan air yang terjadi saat hujan melanda Kota Padang.

"Jika kita bicara drainase, perawatan dan pemeliharaan rutin kita laksanakan melalui kegiatan operasional seperti pengangkatan sedimen yang telah kita lakukan di seluruh titik kota Padang," kata dia.

Ia menjelaskan selain pemeliharaan rutin pada drainase, juga tengah dilakukan rehabilitasi agar masalah banjir dapat teratasi.

"Di samping pemeliharaan rutin, kita juga melakukan rehabilitasi dan pembangunan. Di tahun 2023 ini terdapat 15 titik lokasi," lanjutnya.

Ia mengatakan15 titik lokasi tersebut tersebar di sejumlah tempat mulai dari RT 02/ RW 01 Kelurahan Ganting Parak Gadang, Koto Kaciak, Jalan Alai Barat RT 02/RW 05, Jalan Air Paku RW 05, RW 09 Pasie Nan Tigo, Jalan Komplek Buana III Kuranji.

Kemudian RT 01/RW 18 Ampalu Pegambiran dan Simpang Ngalau RT 03/04 Batu Gadang, RT 02 RW 01 Kelurahan Gunung Sarik, Gang Sarga Indah Andalas, Kawasan Merak Air Tawar Barat.