KPU Sumbar fokus gaet pemilih pemula tingkatkan partisipasi pemilih

id KPU Sumbar,Berita solsel,Berita sumbar

KPU Sumbar fokus gaet pemilih pemula tingkatkan partisipasi pemilih

Komisioner KPU Sumbar Jons Manedi diwawancara awak media saat menghadiri rapat pleno penetapan DPT Solok Selatan, Selasa. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Jons Manedi mengatakan guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 penyelenggara fokus menggaet pemilih pemula.

"Target kami setelah dilakukan rapat pemilih yaitu untuk menggaet pemilih pemula dimana persentasenya cukup tinggi hampir 60 persen yang rentan usianya 17-22 tahun," katanya, saat menghadiri rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Solok Selatan, di Padang Aro, Selasa.

Sekarang ini katanya, KPU sedang gencar masuk ke kampus maupun sekolah untuk sosialisasi pada pemilih pemula.

Selain itu katanya, KPU melakukan validasi data dan setelah berjalan baik baru di lakukan sosialisasi melalui media sosial.

Selanjutnya KPU akan berupaya menjangkau kelompok-kelompok di masyarakat seperti perempuan, disabilitas, pemilih pemula serta kelompok adat dan agama.

Dia menyebutkan, saat ini yaitu 20 dan 21 Juni 2023 KPU Kabupaten/Kota sedang melaksanakan rapat pleno penetapan DPT.

Hari ini baru ada beberapa KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan rapat pleno dan KPU Sumbar masih menunggu hingga besok.

Dia menyebutkan, kemungkinan DPT Sumbar berkurang dibanding dengan DPSHP karena masih ditemukan data ganda.

"Berdasarkan progres data yang dijalani hari ini kemungkinan DPT berkurang karena ada ditemukan data ganda di Kabupaten/Kota tetapi pastinya tentu ditunggu hingga semuanya selesaj pleno," ujarnya.

Untuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan KPU Sumbar katanya, sebanyak 4.109.235 orang sedangkan DPSHP mencapai 4.124.004 orang.