Bupati Sabar AS: Realisasi Kerjasama Pemkab Pasaman dengan UNES tercepat

id Bupati Sabar AS,Universitas Eka Sakti Padang ,berita pasaman,berita sumbar

Bupati Sabar AS: Realisasi Kerjasama Pemkab Pasaman dengan UNES tercepat

Bupati Sabar AS dalam rapat pembahasan nota Kesepahaman Pemerintah Kabupaten Pasaman dengan Universitas Eka Sakti Padang di ruang rapat Bupati Pasaman, Kamis.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Sabar AS menyampaikan realisasi kerjasama antara Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman dengan Universitas Eka Sakti Padang yang tercepat.

Hal ini disampaikan oleh Sabar AS dalam rapat pembahasan nota Kesepahaman Pemerintah Kabupaten Pasaman dengan Universitas Eka Sakti Padang di ruang rapat Bupati Pasaman, Kamis.

"Kerjasama dengan UNES ini tentunya akan dapat memberikan nilai yang positif terhadap pemerintah daerah. Kerjasama dengan UNES ini merupakan kerjasama yang paling tercepat dilaksanakan," terang Sabar AS.

Sabar AS mengatakan nota kesepahaman yang ditawarkan oleh UNES antara lain penyusunan naskah akademik dan rancangan peraturan daerah (Ranperda), Penyusunan rancangan peraturan Bupati, rancangan Peraturan kepala daerah dan rancangan peraturan bersama kepala daerah.

"Penyusunan rancangan peraturan Nagari, penyusunan rancangan peraturan wali nagari, dan Penyusunan rancangan keputusan wali nagari. Pendampingan desa sadar hukum, Pendampingan desa sadar wisata, Pendampingan penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja nagari," katanya.

Kemudian kata dia pendampingan wali nagari dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban ( LPJ) anggaran nagari dan pendampingan badan usaha milik nagari (Bumnag).

"Dengan adanya kesepahaman ini, nantinya akan dapat membantu terlaksananya administrasi yang baik dan akuntable. Kita sangat mendukung terhadap keinginan dari Unes ini untuk membantu Pemerintah Pasaman, terutama pihak nagari," ungkap Sabar AS.

Sementara Ketua LPPM Unes, Prof Dr I Ketut Budayana yang memimpin rombongan Unes tersebut menyebutkan bentuk kerjasama yang sudah dilaksankan dengan Pemerintah Daerah Pasaman diantaranya Pembentukan peraturan nagari dengan melaksanakan pendampingan Nagari.

"Selain itu untuk bidang pendidikan, pihaknya akan melakukan pembinaan ataupun penambahan skill dan keterampilan bagi yang tamatan kuliah terutama yang BKM dan mengakomodir kebutuhan tentunya akan bertujuan untuk peningkatan SDM terutama bagi pemuda," ujar I ketut Budayana.

Rapat tersebut turut hadir Asisten I Teddy Martha, Kepala Bappeda, Kepala Dinas terakait, Kabag Hukum serta beberapa rombongan tim LPPM Unes Padang.