Semen Padang FC rencanakan gelar latihan awal Juli hadapi Liga 2

id Semen Padang FC,Sumbar,Liga 2,2023

Semen Padang FC rencanakan gelar latihan awal Juli hadapi Liga 2

Manajer Semen Padang FC Win Bernadino (ANTARA/HO MO Semen Padang)

Padang (ANTARA) - Semen Padang Football Club (SPFC) merencanakan menggelar latihan perdana pada awal Juli sebagai persiapan menghadapi musim kompetisi Liga 2 2023.

“Kami sudah mendapatkan surat dari federasi dan operator bahwa Liga 2 akan dimulai pada September,” kata Manajer Semen Padang FC Win Bernadino di Padang, Selasa.

Ia mengatakan manajemen beserta jajaran pelatih sudah melakukan evaluasi berdasarkan capaian musim lalu dan akan ada beberapa perubahan yang dilakukan termasuk mengubah komposisi pemain untuk musim depan.

“Kami belum lakukan publikasi namun ada beberapa pemain yang sudah menyampaikan kepada publik bahwa mereka tidak akan bersama Semen Padang di musim mendatang melalui media sosial pribadi,” kata dia.

Pemain tersebut di antaranya, gelandang yang menghabiskan karir sepak bola di tim berjuluk Kabau Sirah yakni Rudi, Vendry Mofu hingga pemain bertahan Aldo Claudio.

“Sekitar 50 persen pemain musim lalu tidak akan memperkuat tim ini di musim depan. Itu hasil evaluasi yang kami lakukan,” kata dia.

Sementara untuk pemain yang akan direkrut oleh tim sudah dihubungi secara lisan oleh pelatih dan manajemen menunggu kepastian jadwal kompetisi sebelum mengontrak pemain.

“Kami masih menunggu hal tersebut sehingga bisa mempersiapkan tim lebih baik lagi,” katanya.

Sedangkan untuk jajaran pelatih, manajemen tetap mempercayakan tim Kabau Sirah di tangan Delfi Adri beserta asisten pelatihnya.

“Target musim depan jelas yakni promosi ke Liga 1 ,” kata dia.

Sebelumnya Pelatih Kepala Semen Padang FC Delfi Adri di Padang, Senin (12/6), mengatakan sudah ada 26 pemain yang mengikat kerja sama secara lisan dengan manajemen Semen Padang FC.

“Kami juga sudah memberikan panjar kepada mereka. Ini semua tinggal menunggu waktu untuk menandatangani kontrak saja,” kata dia.

Delfi mengatakan untuk nama-nama pemain yang akan mengenakan seragam kebanggaan Semen Padang FC di musim ini masih dirahasiakan.

“Tunggu saja nanti kami perkenalkan kepada publik Ranah Minang,” kata dia.

Kompetisi Liga 2 2023 akan diikuti 28 tim yang terbagi dalam dalam empat grup dengan tujuh tim per grup. Tim akan berjuang menggunakan format home and away dan dua tim terbaik di setiap grup akan lolos ke babak 16 besar.

Di babak 16 besar akan dibagi dalam dua grup yang berisikan delapan tim dan dua tim terbaik di setiap grup akan lolos ke babak semifinal.

Di babak semifinal dua tim terbaik akan lolos ke partai final sedangkan dua tim yang kalah memperebutkan peringkat ketiga. Tiga tim akan langsung lolos ke Liga 1 musim 2024

Sementara tiga tim peringkat terbawah di babak penyisihan grup akan berjuang di babak 12 besar zona degradasi yang akan dibagi dalam dua grup. Mereka akan bertanding kandang dan tandang. Peringkat 4,5 dan 6 di masing-masing grup akan terdegradasi ke Liga 3.