Aliansi mahasiswa Pasaman Barat gelar aksi damai di Kejati Sumbar

id Aliansi mahasiswa Pasaman Barat

Aliansi mahasiswa Pasaman Barat gelar aksi damai di Kejati Sumbar

Aliansi mahasiswa Pasaman Barat gelar aksi damai di Kejati Sumbar

Padang (ANTARA) - Puluhan mahasiswa asal Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) yang tergabung dalam aliansi muda Pasaman Barat menggelar aksi damai di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Sumbar pada Jumat (9/6) siang.

Dalam aksi tersebut mahasiswa yang berjumlah sekitar tiga puluh orang juga sempat menggelar orasi serta menyampaikan tiga poin tuntutan.

"Hari ini kami aliansi muda Pasaman Barat menggelar aksi damai untuk mengajukan tiga persoalan, kami berharap Kejati Sumbar menindaklanjuti," kata peserta aksi Dedi Sofhan di Padang, Jumat.

Ia menyebutkan tiga poin yang mereka soroti itu yang pertama adalah terkait dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh Bupati Pasaman Barat, dimana mereka menilai akan berdampak pada masyarakat.

"Kami menduga ada penyalahgunaan wewenang, namun kami tidak bisa menjelaskan secara lebih rinci. Semua sudah disampaikan ke Kejati, semoga bisa ditindaklanjuti," katanya.

Sementara itu dua poin lainnya yang disorot adalah masalah pembangunan RSUD Pasaman Barat, dan Stadion Padang Tujuh yang merupakan stadion sepakbola.

"Pembangunan stadion Padang 7 yang berada di Simpang Empat sudah lama dibangun, namun belum selesai sampai sekarang," jelasnya.

Setelah menyampaikan orasi, beberapa perwakilan dari aliansi tersebut diterima langsung oleh pihak Kejati Sumbar untuk melakukan audiensi.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumbar Farouk Fahrozi menyebutkan peserta aksi berharap Kejati Sumbar menindaklanjuti persoalan penyalahgunaan wewenang.

"Dalam audiensi tadi mereka sudah menyampaikan apa yang mereka harapkan dan sudah kami terima dengan baik, ini akan ditindaklanjuti dan dilakukan penyelidikan di bidang Pidana Khusus," jelasnya.

Pada bagian lain, aksi puluhan mahasiswa itu berjalan dengan tertib dan aman. Aksi dikawal oleh ratusan personel Polresta Padang beserta Kepolisian Sektor (Polsek) Padang Barat.