Lubuak Soda, objek wisata yang wajib dikunjungi di Tanah Datar

id Lubuak Soda,Berita tanah datar,Berita sumbar

Lubuak Soda, objek wisata yang wajib dikunjungi di Tanah Datar

Objek Wisata Lubuak Soda di Nagari Tambangan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar (Antara/Etri Saputra). 

Batusangkar (ANTARA) - Objek wisata Lubuak Soda di Nagari Tambangan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar menjadi salah satu objek wisata yang perlu dikunjungi saat berkunjung ke kabupaten itu pada lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian di Batusangkar Sabtu, mengatakan objek wisata pemandian alam tersebut memiliki pemandangan alamnya yang indah dan air mengalir yang jernih.

"Kami memiliki anak cewek biasanya malu jika berenang di tempat terbuka. Tapi di Lubuak Soda ini beda, meski terbuka dia senang, karena airnya mengalir, jernih, dan sejuk," kata dia.

Ia mengatakan, pemandian alam Lubuak Soda sangat cocok untuk wisata keluarga, tempatnya yang sejuk, air yang jernih, dan suasana yang tenang menjadikan lokasi itu sebagai objek wisata yang mulai dikunjungi masyarakat.

Tidak hanya dikunjungi masyarakat Sumatera Barat saja, namun juga mulai dikunjungi wisatawan dari daerah tetangga seperti dari Provinsi Riau.

Dia berharap, kepada masyarakat setempat atau kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk saling menjaga agar di tempat itu tidak terjadi kemaksiatan.

Jangan sampai sebagai daerah yang dikenal dengan pusek jalo pumpunan ikan dan pusat kebudayaan yang memiliki falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah namun banyak maksiat.

"Mari kita jaga anak kamanakan kita, karena apabila wisatanya sudah baik dan banyak orang yang datang, maka kita perlu menjaga lingkungan dari penyakit masyarakat seperti narkoba dan pekat lainnya," kata dia.

Afrinal Dt. Talanai Wali Nagari Tambangan mengatakan, salah satu potensi yang dimiliki Nagari Tambangan adalah pemandian alam Lubuak Soda.

Untuk ke lokasi tersebut bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan juga kendaraan roda empat.

"Namun masih ada sarana jalan menuju lokasi yang masih belum selesai pengerjaannya. Kami berharap dukungan dari pemerintah daerah agar pengerjaan jalan tersebut bisa diselesaikan," kata dia.