Wagub Sumbar minta Solok Selatan sering gelar acara setingkat provinsi

id Bupati: program, Solok Selatan, terintegrasi, dengan provinsi,solok sellatan

Wagub Sumbar minta Solok Selatan sering gelar acara setingkat provinsi

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audi Joinaldi didampingi Bupati Solok Selatan Khairunas dalam kunjungan di Solok Selatan, Sumatera Barat, Selasa (4/4/2023).(ANTARA/Erik Ifansyah)

Solok Selatan (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audi Joinaldy meminta Pemerintah Kabupaten Solok Selatan sering menggelar acara setingkat provinsi di kabupaten tersebut guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Berbagai upaya dilakukan, salah satunya adalah dengan mengadakan event setingkat provinsi di kabupaten ini," kata Audi saat berkunjung ke Solok Selatan, Sumatera Barat, Selasa (4/4).

Dia menambahkan Kabupaten Solok Selatan akan mendapat program transmigrasi yang diharapkan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat karena penduduknya terhitung masih sedikit.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Solok Selatan Khairunas mengatakan beberapa program yang dilaksanakan pemerintah setempat telah sejalan dengan Pemerintah Provinsi.

"Banyak program pemerintah provinsi yang terintegrasi dengan Pemkab Solok Selatan, contohnya rumah tahfidz yang saat ini telah ada 275, yang merupakan binaan pemerintah kabupaten dan 104 mandiri; sehingga totalnya 379," kata Khairunas.

Program selanjutnya ialah bantuan sekolah berupa seragam gratis ke seluruh jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA.

Dalam kunjungannya ke Solok Selatan, Audy berkesempatan menyalurkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berupa uang tunai senilai Rp25 juta untuk pembangunan masjid serta penyediaan kain sarung dan Al Quran.

Dia juga menyerahkan bantuan dan makanan tambahan untuk ibu hamil sebanyak 160 paket guna menekan angka kekerdilan pada anak atau stunting di daerah tersebut.

Selain itu, Audy juga menyalurkan bantuan untuk pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Program Bantuan Kemanusiaan Baznas Sumatera Barat di Jorong Sungai Durian Nagari Bomas Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan.

Bantuan RTLH itu diterima salah seorang oleh perwakilan rakyat Hendra Delita senilai Rp25 juta.

Audy meminta kepada Dinas Kesehatan Solok Selatan untuk segera membantu keluarga tersebut untuk mendapatkan jaminan kesehatan.