Kapolda: Sumbar siap amankan pelaksanaan Latsitardanus 2023

id kapolda sumbar, Latsitardanus,kunker kapolda sumbar,Solok Selatan

Kapolda: Sumbar siap amankan pelaksanaan Latsitardanus 2023

Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suharyono (dua kiri) melaksanakan kunjungan kerja ke Solok Selatan yang disambut Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara (kiri) di Padang Aro, Jumat (17/3/2023). (ANTARA/Joko Nugroho)

Padang Aro (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suharyono memastikan bahwa pihaknya siap mengamankan pelaksanaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni di sejumlah kabupaten/kota provinsi.

"Bulan Mei hingga Juni akan ada Latsitarda Nusantara yang diselenggarakan di Sumbar. Ini terlepas apakah Solok Selatan juga akan menjadi lokasi Latsirtarda atau tidak bukan masalah yang prinsip," katanya di Padang Aro, Solok Selatan, Jumat malam.

Hal itu ia sampaikan usai melakukan pertemuan internal dengan personel Polres Solok Selatan di Mako Polres Solok Selatan dalam kunjungan kerjanya selama dua hari, 17 hingga 18 Maret.

Kapolda menambahkan bahwa pihaknya siap membackup dan mengamankan kegiatan yang bersifat nasional terkait Latsirtada Nusantara mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pasca pelaksanaan.

Sumatera Barat akan menjadi tempat sekitar 1.300 taruna Akademi Militer, Kepolisian, Praja IPDN dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dalam rangka Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII tahun 2023.

Pelaksanaan Latsitardanus XLIII direncanakan mengambil lokasi fokus (lokus) di 25 kecamatan yang tersebar di lima kabupaten dan kota. Antara lain Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Pasaman.

Dalam rapat koordinasi persiapan Latsitardanus XLIII bersama Polda Sumbar dan Korem 032/Wirabraja, Kamis (5/1/2023), Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyampaikan sebagai tuan rumah Latsitardanus diharapkan mampu membangkitkan semangat pemuda-pemudi untuk dapat bekerja sama dan mengutip berbagai pelajaran yang bermanfaat, serta termotivasi bergabung menjadi anggota TNI dan Polri.

“Ini adalah aset berharga, momen ini bisa memotivasi pemuda-pemudi Sumbar untuk mengikuti langkah yang telah mereka lakukan. Sesuai dengan perencanaan kita di Sumbar untuk tahun 2023 ini sedang mempersiapkan anak-anak kita di SLTA untuk memasuki akademi TNI, Polri, IPDN, dan kedinasan yang lain," katanya.

Ribuan Taruna, Praja dan mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia ini nantinya akan berkolaborasi dengan Pemprov Sumbar maupun kabupaten dan kota dalam berbagai kegiatan pembangunan daerah.

Mulai dari pembukaan jalan baru, perbaikan jalan dan drainase, pembangunan jamban dan bedah rumah tak layak huni, hingga berbagai kegiatan penyuluhan dan pembinaan kepemudaan.

Dalam Rakor tersebut Kapolda Sumbar, Irjen Suharyono menyampaikan bahwa keberhasilan pelaksanaan Latsitardanus XLIII di Sumbar akan membawa nama baik provinsi itu.

"Sukses atau tidaknya kegiatan ini akan membawa nama baik Sumatera Barat di pusat. Tentunya kami tidak bisa melakukan hal ini sendiri. Kami butuh bantuan dari teman-teman panitia dari kota dan kabupaten semua," katanya.

Secara umum menurut Irjen Suharyono, situasi kamtibmas di Sumbar saat ini sangat kondusif untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Latsitardanus.

Ia meminta Pemprov Sumatera Barat maupun kabupaten dan kota yang direncanakan menjadi lokus bisa mempersiapkan diri secara optimal, baik dari segi kesiapan personil, moril, materiil, fisik maupun saran dan prasarana, juga logistik.