Menag sebut Masjid Sheikh Zayed di Kota Surakarta simbol hubungan Indonesia dengan dunia

id masjid sheikh zayed,menteri agama

Menag sebut Masjid Sheikh Zayed di Kota Surakarta simbol hubungan Indonesia dengan dunia

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada acara pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (28/2/2023). (ANTARA/HO-Kemenag)

Jakarta, (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, sebagai simbol hubungan Indonesia dengan dunia.

"Masjid ini adalah simbol hubungan Indonesia dengan dunia internasional yang sangat harmoni," katanya sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis pemerintah yang diterima di Jakarta, Rabu.

Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Surakarta diresmikan pada 14 November 2022 dan dibuka untuk umum pada Selasa (28/2).

"Semoga kehadiran Masjid Sheikh Zayed ini menambah semangat kita dalam merawat keberagamaan yang moderat dan toleran," kata Yaqut.

Menteri Agama mengatakan bahwa bangsa Indonesia patut bersyukur karena dianugerahi kekayaan alam dan keberagaman serta diberi kekuatan untuk merawat anugerah tersebut.

Dia juga mengemukakan relasi agama dengan negara. "Agama adalah pondasi kehidupan, sedangkan negara adalah penjaganya. Setiap yang tidak memiliki pondasi maka akan hancur, begitu pula setiap yang tidak memiliki penjaga, maka akan hilang," katanya. (*)