Kejari Pasaman Barat adakan kegiatan jaksa masuk sekolah

id jaksa masuk sekolah,pembekalan hukum kepada siswa,kejari pasaman barat

Kejari Pasaman Barat adakan kegiatan jaksa masuk sekolah

Kejaksaan Negeri Pasaman Barat saat mengadakan penyuluhan di sekolah dengan program jaksa masuk desa, Rabu (22/02/2023 (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kejaksaan Negeri Pasaman Barat mengadakan kegiatan jaksa masuk sekolah di empat sekolah yang berada di empat kecamatan guna memberikan pemahaman tentang aturan kenakalan remaja dan aturan lainnya terkait remaja.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pasaman Barat Elianto di Simpang Empat, Rabu, mengatakan kegiatan itu merupakan program pembinaan masyarakat taat hukum (Binmatkum).

Empat sekolah yang dikunjungi adalah SMA Cersa Pasaman, SMKN 1 Sasak Ranah Pasisie, SMAN 1 Luhak Nan Duo serta SMKN 1 Lembah Melintang.

Ia menyebutkan adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan jaksa masuk sekolah yaitu tentang kenakalan remaja yang bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta anak didik di tiga sekolah tersebut tentang akibat hukum dari kenakalan remaja.

Menurutnya kenakalan remaja itu bisa berdampak kepada perbuatan kriminal sehingga dapat dipidana sesuai dengan peraturan yang ada seperti narkotika, pemerkosaan, pencurian dan lainnya

"Dengan adanya kegiatan jaksa masuk sekolah diharapkan dapat mencegah dan mengurangi sejak dini perbuatan tindak pidana yang terjadi di kalangan remaja," sebutnya.

Kegiatan jaksa masuk sekolah yang telah dilaksanakan di empat sekolah itu mendapat sambutan dan antusias siswa mengikuti acara tersebut dengan selalu memberikan pertanyaan kepada pemateri.

"Artinya anak-anak peserta didik keinginantahuannya tentang masalah hukum sangat tinggi," katanya.

Ia berharap ke depan program jaksa masuk sekolah akan terus ditingkatkan di wilayah hukum Pasaman Barat agar tingkat pengetahuan hukum peserta didik lebih tinggi lagi.

Pihaknya ingin kerja sama yang baik dengan pihak sekolah dalam menjalankan program itu sehingga sejak dini pelajar mengetahui aturan dan dampak yang ditimbulkan dari berbagai kenakalan remaja, katanya.